--> Anies Bilang, PSBB Belum Berakhir | suluh sumatera

Anies Bilang, PSBB Belum Berakhir

Bagikan:

Anies Bilang, PSBB Belum Berakhir


JAKARTA

suluhsumatera : Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan, belum ada aturan mengenai berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sehingga tidak ada keputusan mengenai tanggal beroperasinya kembali pusat perbelanjaan atau mal.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan bahwa buka kembali tanggal 5, mal akan buka tanggal 7, itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies saat memantau arus balik mudik Lebaran 2020 di check point Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/05/2020), dilansir dari laman detikcom.

Anies menyatakan selalu memberi penjelasan PSBB dapat diakhiri, tetapi bisa juga diperpanjang. Menurutnya, berakhir atau tidaknya penerapan PSBB tergantung pantauan terhadap aktivitas masyarakat.

"Dan saya selalu mengatakan PSBB ini bisa PSBB penghabisan, tapi bisa juga diperpanjang, tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu ini,"
ucap Anies.

Dia menambahkan, keputusan PSSB diakhiri atau diperpanjang akan diambil pekan depan, setelah semua data yang dibutuhkan Pemprov DKI Jakarta untuk menganalisis masuk.

"(Keputusan soal PSBB) awal pekan depan, setelah semua data masuk," tandas Anies.

Seperti diketahui, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan mal akan kembali beroperasi pada 5 Juni mendatang.
Pernyataan Ellen didasari pada berakhirnya masa PSBB di DKI Jakarta, pada 4 Juni 2020.

"Kan PSBB tanggal 4 selesai, ya tentu kita beranggapan tanggal 5 sudah boleh buka, dong. Sekarang ditutup karena ada PSBB, di kota-kota lain nggak ada PSBB, buka," kata Ellen Hidayat kepada detikcom, Senin (25/05/2020).

Mal akan dibuka secara bertahap pada 5-8 Juni 2020. Hal itu diatur berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 489 tahun 2020. Berdasarkan data mal anggota APPBI DPD DKI Jakarta, mal yang akan dibuka pada Jumat, 5 Juni, di antaranya Plaza Indonesia, FX Sudirman, hingga Mal Blok M.

Sedangkan mal yang akan dibuka Senin, 8 Juni, antara lain Grand Indonesia, Teras Benhil, Summarecon Mall Kelapa Gading, dan Sunter Mall. (*)

KOMENTAR