--> Bahas Pemulangan TKI, Bupati Asahan Vidcon Dengan Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia | suluh sumatera

Bahas Pemulangan TKI, Bupati Asahan Vidcon Dengan Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia

Bagikan:

Bahas Pemulangan TKI, Bupati Asahan Vidcon Dengan Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia


KISARAN

suluhsumatera : Bupati Asahan bersama bersama sejumlah pejabat Pemkab melakukan Video Conference (Vidcon) dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia di Ruang Command Center Dinas Kominfo Asahan.

Vidcon tersebut dalam rangka menjalin kerja sama untuk pemulangan para TKI asal Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang bekerja di Malaysia. Hal itu dikarenakan negara Malaysia melakukan pembatasan (lockdown) negaranya untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, Kamis (28/05/2020).

Presiden Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, Dato' Sri Chairul Anhar bersama Sekretaris Jenderal Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, Lukman Hakim, BSc, MLIS mengatakan, bahwa Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia siap bekerja sama dengan Pemkab Asahan dalam pemulangan para TKI yang terkena dampak Covid-19 yang saat ini bekerja di Malaysia.

Beliau juga mengatakan, dalam pemulangan para TKI ini akan memperosesnya dengan melakukan tahapan, yaitu bagi para TKI yang memiliki paspor, proses pemulangannya akan lebih mudah dan bagi para TKI yang tidak memiliki paspor atau paspor mati akan dibantu dengan pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP), sehingga para TKI ini dapat pulang dengan cara yang baik, tanpa menggunakan kapal tongkang.

Selain itu, mereka berharap kepada Pemkab Asahan, untuk menjaga database para TKI yang telah dipulangkan.

"Dan kepada para TKI jika ingin kembali lagi untuk bekerja di Malaysia setelah wabah Covid-19 berakhir, diharapkan menggunakan administrasi yang lengkap, sehingga jika ada hal-hal yang tidak diinginkan kita dapat mengembalikannya dengan lebih mudah," ungkapnya.

Menutup pembicaraannya, mereka meminta kepada Pemkab Asahan untuk menembuskan  surat kepada Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, sehingga mereka tidak disalahkan oleh pihak manapun dan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia bebas melangkah dalam pemulangan para TKI asal Kab. Asahan.

Sementara Bupati, H. Surya, BSc pada Vidcon ini mengatakan, atas nama Pemkab mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan bantuan yang diberikan oleh Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia dalam pemulangan para TKI asal Kab. Asahan yang bekerja di Malaysia.

Bupati juga mengatakan, dengan kerja sama yang dijalin Pemkab dengan Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia, pemulangan para TKI asal Kab. Asahan
dapat dilaksanakan dengan waktu yang tidak lama, sehingga para TKI dapat terbantu kepulangannya.

Selain itu, Bupati pun mengatakan, dalam setiap pemulangan para TKI, baik legal maupun ilegal, Pemkab Asahan selalu memberikan pelayanan yang baik kepada mereka. (adha)

KOMENTAR