--> Perpanjangan Program Bantuan Listrik Stimulus Covid-19, PLN Pastikan Tepat Waktu dan Sasaran | suluh sumatera

Perpanjangan Program Bantuan Listrik Stimulus Covid-19, PLN Pastikan Tepat Waktu dan Sasaran

Bagikan:

Perpanjangan Program Bantuan Listrik Stimulus Covid-19, PLN Pastikan Tepat Waktu dan Sasaran


JAKARTA


suluhsumatera : Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang waktu pemberian bantuan keringanan biaya listrik kepada pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi hingga September 2020.


Perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu dan rentan dalam menghadapi masa pendemi Covid-19.


Tujuan dari pemberian stimulus tersebut adalah meringankan beban kelompok masyarakat yang paling terdampak akibat kelesuan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.


Adanya kebijakan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.


Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk melindungi masyakarat yang paling terdampak pandemi.


Menindaklanjuti kebijakan diatas, PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan program tersebut. 


Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

 

"Secara sistem, perpanjangan tersebut dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan pelaksanaan stimulus yang pertama," ungkap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril dalam rilis yang diterima suluhsumatera, Kamis (02/07/2020).


Karena kata dia, program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis untuk penagihan Juli sampai dengan September tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan.


"Kami pastikan tepat waktu dan tepat sasaran,sesuai Data  Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial," kata Bob.


Seperti diketahui, program ini memberikan biaya listrik gratis kepada pelanggan listrik kategori daya 450 VA dan diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial.


Untuk diketahui, bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan.


Sementara untuk pelangan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian pelanggan tertinggi antara Januari hingga Maret 2020.


Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara:  

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. 
  3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.


"Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini," jelasnya. 


Dengan adanya tambahan program stimulus Covid-19 di bidang kelistrikan, sampai dengan saat ini sudah ada 4 jenis golongan pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon. 


Berikut ini daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya:


No Jenis Pelanggan Jenis Keringan/Stimulus Jangka Waktu Setimulus:

  1. Rumah Tangga 450VA Pembebasan tagihan/Token Gratis April s/d September 2020.
  2. Rumah Tangga 900VA Bersubsidi Diskon 50% tagihan/token listrik April s.d September 2020.
  3. Bisnis Kecil 450VA pembebasan tagihan/Gratis Mei s.d Oktober 2020.
  4. Industri Kecil 450 VA Pembebasan tagihan/Gratis Mei s/d Oktober 2020.

Dari sisi jumlah penerima stimulus Covid-19, pelanggan Rumah Tangga 450 VA adalah sebanyak 24 juta sedangkan pelanggan 900 VA bersubsidi sebanyak 7,6 juta pelanggan. Sementara jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) dan Industri Kecil (I1) sebanyak kurang lebih 500 ribu pelanggan. (*/ril)

KOMENTAR

Name

17 Agustus,1,4 Pilar Kebangsaan,1,737 Max,1,Aceh,8,Aceh Barat,4,Aceh Tengah,1,Aceh Utara,1,Ade Firman,1,Adiba,1,Adiba Khanza,1,Adik Bakar Kakak,1,Adik Bunuh Abang,1,Administrasi Kependudukan,2,Advetorial,1,Afghanistan,1,Agraria,1,Agus Harimurti Yudhoyono,1,Ahmad Dani,1,Ahmad Dhani,1,Ahmad Djuhara,1,Ahmad Doli Kurnia,1,Ahok,1,Aice,4,Aice Group,1,Aishwarya Rai Bachchan,1,Ajakan Mudik,1,Akabri,1,Akad Nikah,1,AKBP. Faisal F Napitupulu,2,AKBP. Jarot Yusviq Andito,8,Akitifis Papua,1,Aksi 212,1,Aksi Anarkis,1,Aksi Demo,1,Aksi Jalan Kaki,5,Aksi Kejahatan,1,Aktor,1,Aktris,1,Al Jam’iyatul Washliyah,1,Al-Wasliyah,2,Alkamil Padangsidimpuan,1,All England,1,All New NMAX,1,Alumni UINSU,2,Amanda Manopo,1,Ambon,1,Ambulan Desa,1,Amerika,1,Amerika Serikat,13,AMPG,1,AMPG Rohil,1,AMPI,7,Anak,3,Anak Buah Kapal,1,Anak Bunuh Ibu Kandung,1,Anak Hilang,1,Anak Jalanan,1,Anak Presiden,1,Anambas,1,Ance Selian,15,Andi Suhaimi Dalimunthe,4,Andre Rosiade,1,Android,1,Anggaran,5,Anggaran Pilkada,1,Anggota DPR RI,5,Anggota DPR RI Sihar Sitorus,2,Anggota DPRD,5,Anggota DPRD Sumut,1,Anggota TNI,1,Angin Kencang,2,Angkutan,1,Angola,1,Anies Baswedan,5,animasi,1,Anita Kolopaking,1,Anjangsana,1,Anjing Bernyanyi,1,Antasari Azhar,1,Anthony Ginting,1,Anti Korupsi,3,Anti Virus Corona,1,Antoine Griezmann,1,Anugerah KPAI,1,Anwar Ibrahim,1,Aparat Polisi,1,Aparatur Sipil Negara,1,APBD,1,Apdesi,2,Aplikasi,3,Aqua,2,Arab Saudi,13,Aria Obesitas,1,Arief Ba