--> Ditinggal Pulang Kampung, Rumah di Balam Sempurna Rohil Dibobol Maling | suluh sumatera

Ditinggal Pulang Kampung, Rumah di Balam Sempurna Rohil Dibobol Maling

Bagikan:

Ditinggal Pulang Kampung, Rumah di Balam Sempurna Rohil Dibobol Maling


BAGAN SINEMBAH

suluhsumatera : Aksi pencurian dengan pemberatan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Rokan Hilir, tepatnya di Polsek Bagan Sinembah, saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya pulang kampung.


Peristiwa itu terjadi, pada Sabtu (08/08/2020) lalu sekita pukul 03.00 WIB, di rumah milik Fauzanul, 26 seorang pedagang, Jalan Lintas Riau-Sumut KM 24, Kel. Balam Sempurna Kota, Kec. Balai Jaya, Kab. Rokan Hilir (Rohil), Riau.

Pelaku adalah seorang buruh berinisial HS alias E, 29 warga Jalan Pare-pare Km 24 Balam, Kel. Balam Sempurna.

"Pengungkapan tidak pidana pencurian dengan pemberatan ini setelah menerima laporan dari korban di Polsek Bagan Sinembah, dengan kerugian material Rp12 juta," ungkap Kapolres Rokan Hilir, AKBP. Nurhadi Ismanto, SH, SIK yang dikonfirmasi melalui Kasubag Humas, AKP. Juliandi, SH, Senin (24/08/2020).

Dikelaskan, pada,Kamis (06/08/2020), saat pelapor meninggalkan rumah bersama keluarga pulang ke Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Setibanya di Sumbar, pada Sabtu (08/08/2020) sekira pukul 08.00 WIB, pelapor memantau kondisi rumahnya melalui CCTV yang terpasang di rumah yang terkoneksi ke HP miliknya.

Pada rekaman CCTV tersebut, pelapor melihat ada dua laki-laki yang sedang melakukan pencurian di rumahnya.

Melihat hal itu, pelapor langsung menghubungi saksi Tamba dan Ilham untuk memeriksa keadaan rumahnya.

"Setelah diperiksa oleh saksi diketahui bahwa  keadaan jendela kamar rumah pelapor sudah rusak. Kemudian saksi melihat ke dalam rumah melalui jendela, keadaan kamar sudah berserakan," terang Juliandi.

Melihat hal tersebut, korban langsung pulang kembali ke rumahnya untuk memeriksa keadaan rumah dan diketahui barang-barang miliknya yang hilang diantaranya, satu unit mobil mainan anak-anak, empat perhiasan emas dalam bentuk cincin yang ditaksir seberat 12,5 gram, dua tas sandang wanita, saru baju dan jaket parasut, dengan total kerugian sekitar Rp12 juta.

Kemudian korban memperlihatkan rekaman CCTV kepada saksi dan teman-temannya untuk mengidentifikasi pencuri dalam rekaman CCTV tersebut, yang salah satu pelakunya dikenali bernama HS.

Selanjutnya, pada Jumat (21/08/2020), korban mendapat informasi bahwa HS sedang berada di Jalan Lintas Riau-Sumut Km 21, Kepenghuluan Bangko Sempurna, Kec. Bangko.

Lalu didatangi korban dan berhasil mengamankan pelaku serta menanyakan kejadian pencurian tersebut.

"Saat itu terlapor HS mengakui perbuatannya, sehingga pelapor membawanya ke rumah pelapor dan menghubungi pihak kepolisian untuk membawanya ke Kantor Polsek Bagan Sinembah guna penyelidikan lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan perbuatannya," papar Juliandi.

Untuk itu, Juliandi mengimbau masyarakat untuk selalu waspada jika ingin meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, pastikan rumah dalam terkunci, laporkan ke tetangga atau RT maupun pihak kepolisian.

"Kita Siap berikan pengamanan,dan ingat kejahatan terjadi bukan karena ada niat pelaku namun ada kesempatan," pungkasnya.
(yan)

KOMENTAR