--> Edimin Absen di Pendaftaran Hasnah-Kholil, KPU Labusel Coret Partai Hanura dari Gabungan Parpol Pendukung "Berhasil" | suluh sumatera

Edimin Absen di Pendaftaran Hasnah-Kholil, KPU Labusel Coret Partai Hanura dari Gabungan Parpol Pendukung "Berhasil"

Bagikan:

Edimin Absen di Pendaftaran Hasnah-Kholil, KPU Labusel Coret Partai Hanura dari Gabungan Parpol Pendukung "Berhasil"



KOTAPINANG


suluhsumatera : KPU Labusel mencoret Partai Hanura sebagai partai pengusung pasangan bakal calon bupati-wakil Labusel, Hajah Hasnah Harahap-Drs. Kholil Jupri Harahap, pada pendaftaran Paslon peserta Pilkada 2020, Minggu (6/09/2020) sore.


Pasalnya, surat persetujuan pengusung (Formulir Model BKWK) yang dibawa Paslon "Berhasil" tidak ditandatangani ketua DPC Partai Hanura Labusel, Haji Edimin (Asiong).


Sore itu pun, Asiong tidak turut hadir untuk mendaftarkan Paslon tersebut bersama tujuh pengurus Parpol lainnya. 


Seperti diketahui, dua hari sebelumnya, Asiong telah mendaftar sebagai bakal calon bupati bersama calon wakilnya Ustaj Ahmad Fali Tanjung, diusung PDI Perjuangan dan PKPI.


Pada hari terakhir dibukanya pendftaran, Ketua KPU Labusel, Efendi Pasaribu menjelaskan kepada Paslon Berhasil dan koalisi partai pengusung lainnya, sesuai dengan PKPU, apa bila Formulir Model BKWK tidak ditantatangani oleh ketua partai di tingkat kabupaten, maka tidak dihitung.


Meski demikian, ia menawarkan memberikan batas waktu hingga pukul 00.00 WIB, agar formulir tersebut diteken oleh ketua partai.


"Jika sampai pukul 00.00 WIB belum ditandatangani, berarti berkas tidak lengkap. Atau tetap dilanjutkan sesuai prosudur, tetapi Partai Hanura di coret," ungkap Efendi.


Setelah tanya jawab dilakukan oleh unsur pimpinan Parpol pengusung Hasnah-Kholil, terkait formulir BKWK Partai Hanura kepada KPU, Paslon dan sejumlah Parpol pengusung akhirnya menyepakati Partai Hanura dicoret dari koalisi partai pengusung "Berhasil" di Pilkada Labusel.


"Tahapan pendaftaran tetap kita lanjutkan dengan mencoret Partai Hanura dari gabunagn koalisi Parpol Paslon Berhasil," kata Efendi.


Dengan dicoretnya dukungan Partai Hanura, maka partai pengusung Berhasil yang didaftarkan di KPU Labusel, sebelumnya delapan Parpol, menjadi tujuh partai.


Dengan jumlah kursi yang mendukung Paslon tersebut menjadi 23 kursi, terdiri dari Perindo 1 kursi, PAN 8 kursi, PPP 1 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PKS 1 kursi, Partai Golkar 4 kursi, Partai PKB 3 kursi.


"Hanura tadi dicoret dari koalisi partai Pengusung. Tadinya 25 kursi, menjadi 23. Tujuan kita maju, melanjutkan pembangunan di Kab. Labusel," pungkas Hajah Hasnah Harahap usai mendaftar di KPU Labusel, Jalinsum Kampung Bedagai, Kotapinang. (*/sya/afa)

KOMENTAR