--> Peringati Haul ke 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan, Sejumlah Peninggalan Dipamerkan | suluh sumatera

Peringati Haul ke 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan, Sejumlah Peninggalan Dipamerkan

Bagikan:

Peringati Haul ke 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan, Sejumlah Peninggalan Dipamerkan



ASAHAN


suluhsumatera : Peringatan Haul ke 19 Almarhum Syekh H. Mustafa BS Rokan sekaligus pameran sejarah peninggalan almarhum digelar di Dusun III, Desa Sei Paham, Kec. Sei Kepayang, Kab. Asahan, Sabtu (12/09/2020).


Turut hadir pada kegiatan itu, Bupati Asahan H. Surya bersama Plh. Sekdakab Asahan, beberapa OPD, Syekh Abu Shohir Sitepu, SPdi, Syekh Dr. H. Ahmad Rajagukguk, camat dan Forkopimcam Sei Kepayang, alim ulama, dan masyarakat.


Panitia pelaksana kegiatan, Muhammad Taufik Hidayat berterima kasih khususnya kepada masyarakat Desa Sei Paham yang telah memberikan bantuan tenaga maupun pikiran. 


Sementara itu, Syekh Abu Shohir Sitepu yang merupakan cucu dari Syekh H. Mustafa BS Rokan menyampaikan, pelaksanaan Haul ini perdana dilakukan sejak almarhum meninggal dunia. 


Karena itu ia pun berterima kasih kepada Bupati Asahan beserta seluruh tamu yang berkesempatan hadir mengenang ulama yang diketahui menguasai enam bahasa tersebut. 


Beliau pads kesempatan itu juga menceritakan perjalanan hidup almarhum dalam pengembangan ajaran agama.


"Saya berharap kedepannya acara ini dapat terus dilakukan," ujarnya, yang dilanjutkan dengan menyematkan rompi kehormatan Rumah Suluk Al-Baitul Khalil kepada Bupati Asahan.


Bupati Asahan, H. Surya, BSc mengapresiasi kepada masyarakat serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Haul Syekh H. Mustafa BS Rokan. 


"Saya amat mengapresiasi kepedulian dan penghormatan yang diberikan masyarakat kepada alim ulama yang berjasa bagi pengembangan nilai keagamaan khususnya di Kab. Asahan ini," papar Bupati. 


Dirinya juga sampaikan kegiatan ini merupakan salah satu penjabaran dari visi Asahan yang religius.


Terkait keberadaan peninggalan almarhum Syekh H Mustafa BS Rokan, Bupati berharap agar peninggalan tersebut dapat terus dijaga kelestariannya. “Peninggalan tersebut merupakan situs sejarah yang harus kita lestarikan, agar dapat menjadi pelajaran bagi generasi yang akan datang," kata Bupati.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan juga memberikan bantuan kepada panitia pelaksana Haul Syekh H. Mustafa BS Rokan  dan berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan.


Kegiatan malam itu juga diisi dengan tausiah agama oleh Syekh Dr. H. Ahmad Rajagukguk dari Kab. Simalungun. Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan, Bupati berkesempatan ziarah ke makam Syekh H. Mustafa BS Rokan dan meninjau pameran peninggalannya. (adha)

KOMENTAR