--> Mahasiswa KKN Unimal Bersihkan Masjid Desa Gumpang Pekan dan Mengaktifkan Kembali Tampat Pencuci Tangan | suluh sumatera

Mahasiswa KKN Unimal Bersihkan Masjid Desa Gumpang Pekan dan Mengaktifkan Kembali Tampat Pencuci Tangan

Bagikan:

Mahasiswa KKN Unimal Bersihkan Masjid Desa Gumpang Pekan dan Mengaktifkan Kembali Tampat Pencuci Tangan

GAYO LUES

suluhsumatera : Mahasiswa KKN Unimal kelompok P126 gotong royong membersihkan di Masjid Jami’ Nurul Iman di Desa Gumpang Pekan, Kec. Putri Betung, Kab. Gayo Lues belum lama ini.


Ardinan kepada dalam siaran pers kepasa suluhsumatera, Jumat (23/10/2020) mengatakan, kegiatan yang dinamakan “Jumat Bersih” ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan kepedulian mahasiswa KKN Unimal untuk menjaga kebersihan lingkungan masjid serta sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid- 19.


Lanjutnya, bukan hanya bersih-bersih, para mahasiswa juga kembali memperbaiki wadah pencucian tangan dan menyiapkan tempat sampah, agar jamaah yang hendak beribadah dalam keadaan bersih dan nyaman.


Kegiatan bersih-bersih masjid oleh kelompok P126 diketuai oleh Ardinan mahasiswa dari Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Malikussaleh, di bawah bimbingan Mursalin, SPd, MPd.


Jumat Bersih itu digelar seminggu sekali setiap Jumat, agar masjid yang merupakan tempat ibadah bagi umat Islam tetaplah bersih dan suci.


"Insya Allah kita lakukan bersih-bersih masjid ini setiap Jumat," ujar Ardinan.


Menurut Ardinan, Jumat Bersih ini juga bertujuan untuk membangun semangat gotong royong dan rasa memiliki terhadap masjid, khususnya di antara masyarakat Desa Gumpang, sehingga masjid selalu terawat kebersihan dan keindahannya.


Bilal pengurus masjid, Tengku Sukaidi berharap, bersih-bersih masjid ini tidak berjalan saat pelaksanaan KKN oleh mahasiswa Unimal saja, tetapi bisa terus dilakukan secara teratur setiap hari Jumat.


Selain itu, diharapkan kegiatan ini juga dapat menginspirasi masyarakat untuk selalu menerapkan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah masing-masing guna untuk menjaga kesehatan dan pencegahan penularan Covid-19.


Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mursalin, SPd, MPd mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Ardinan di daerahnya.


"Kegiatan ini hendaknya memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah mahasiswa KKN," pungkas Mursalin yang juga Dosen Prodi Pendidikan Matematika Unimal. (sya/ril)

KOMENTAR