--> PKM Politeknik LP3I Medan Latih Pengembangan Usaha Wedding Organizer | suluh sumatera

PKM Politeknik LP3I Medan Latih Pengembangan Usaha Wedding Organizer

Bagikan:

PKM Politeknik LP3I Medan Latih Pengembangan Usaha Wedding Organizer

Ketua Pelaksana PKM Lily Karlina Nasution, saat menyerahkan barang perlengkapab rias pengantin kepada pemilik UMKM Wedding Organizer, Mbak Wiwik. Foto: suluhsumatera/istimewa.

MEDAN


suluhsumatera : Politeknik LP3I Medan, menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) guna peningkatan manajemen usaha, bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Medan.


Salah satu pelaku UMKM yang mendapatkan PKM dari Politeknik LP3I Medan yakni, Usaha Wedding Organizer, Wiwik Pengantin yang berada di daerah Tembung, Kota Medan.


PKM ini melibatkan tiga orang Dosen Politeknik LP3I yaitu, Lily Karlina Nasution, SE, MSi sebagai ketua dan Mayang Murni, SPd, MSi serta Ika Sari Dewi, SS, MSi sebagai anggota pelaksana.


Lily Karlina Nasution menjelaskan, pada PKM ini mereka memberikan berbagai materi pelatihan yang meliputi pelatihan tata rias pengantin, pelatihan manajemen keuangan, pelatihan manajemen pemasaran serta pemberian hibah barang seperti, dekorasi pengantin, baju pengantin, alat make up, dan pembuatan website pemasaran bagi usaha perias pengantin Wiwik Wedding Organizer.


Lily menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitra UMKM dalam mengelola manajemen usahanya.


Selain itu kata dia, pelatihan yang diberikan ini, diharapkan mampu menambah pengetahuan mitra dalam menentukan harga jual dari jasa yang ditawarkan, sehingga mitra mampu membuat manajemen keuangan yang lebih terperinci serta mampu menghitung keuntungan juga mengelola keuangan usaha secara baik dan optimal.


Lily menambahkan, dengan pelatihan ini, UMKM Wiwik Wedding Organizer yang bergerak di bidang rias pengantin ini, mampu membuat paket promo untuk paket pernikahan dan lamaran serta paket lainnya.


Selain itu, hal penting lainnya yang diberikan pada PKM tersebut, khususnya pelaku usaha Wedding Organizer Wiwik adalah pelatihan penggunaan website.



Pelatihan ini guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mitra dalam menggunakan website usaha perias pengantin milik Wiwik sebagai sarana pemasaran yang akan lebih optimal.


Melalui website tersebut pula, mitra PKM  LP3I ini dapat memasarkan produknya dengan jumlah tidak terbatas, tidak hanya untuk wilayah Medan saja, akan tetapi, dapat menjangkau keseluruh wilayah Indonesia,  bahkan hingga manca negara.


Selain pelatihan, PKM LP3I Politeknik Medan juga pemberian hibah barang, seperti pembuatan website, brosur dan stand banner sebagai media promosi, untuk membantu mitra UMKM, khususnya usaha Wedding Organizer Mbak Wiwik, dapat melakukan pemasaran optimal.


"Semua bentuk kegiatan dan hibah barang ini diberikan sebagai usaha peningkatan produk dan jasa yang ditawarkan oleh usaha Perias Pengantin Wiwik Organizer, sehingga terjadi peningkatan omset," papar Lily Karlina Nasution.


Sebelumnya, persiapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, di awali dengan diskusi dan koordinasi antara tim pelaksana PKM dengan Mitra UMKM.


Diskusi dilakukan untuk mengetahui kegiatan apa saja yg akan dilakukan dan target yang hendak dicapai oleh mitra UMKM serta menentukan prioritas kegiatan, sekaligus menentukan waktu serta jadwal pelatihan juga pendampingan terhadap mitra UMKM yang akan menjadi sasaran pelatihan.


Politeknik LP3I Medan yang peduli pada masyarakat ini, juga memperkenalkan keberadaan dan peran Perguruan Tinggi Politeknik LP3I Medan.


Perguruan Tinggi Politeknik LP3I Medan, oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah I (Satu) telah ditetapkan sebagai Politeknik dengan peringkat nomor satu di Sumatera Utara yang dipublikasi, pada 12 Agustus 2019 lalu.


Sementara, dari pertemuan dan kerja sama ini, para karyawan dan pemilik UMKM Wedding Organizer, usaha Wiwik  sangat antusias, karena PKM LP3I Medan, mampu memberikan pelatihan dan pengetahuan baru di dunia manajemen, baik keuangan maupun pemasaran berbasis online, dengan telah terciptanya aplikasi keuangan hingga website Wedding Organizer Usaha Wiwik.


Ketua pelaksana PKM, Lily Karlina Nasution, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenristekdikti yang telah memberikan pendanaan hibah PKM dengan nomor kontrak 001/KP/LPPM/PLM/IB/2020, sehingga pelaksanaan PKM Politeknik LP3I Medan dapat terealisasi. (syahru)

KOMENTAR