--> Wabup Langkat Bersama Dompet Dhuafa Waspada Rencanakan Bangun Sentra Ternak Terpadu | suluh sumatera

Wabup Langkat Bersama Dompet Dhuafa Waspada Rencanakan Bangun Sentra Ternak Terpadu

Bagikan:

Wabup Langkat Bersama Dompet Dhuafa Waspada Rencanakan Bangun Sentra Ternak Terpadu

Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin survey lokasi sentra ternak bersama Pimpinan Cabang DD Waspada, Sulaiman dan Manager Program DD Waspada, Halimah, Senin (16/11/2020). Foto: suluhsumatera/istimewa.

LANGKAT


suluhsumatera : Wakil Bupati Langkat, Syah Afandin bersama Dompet Dhuafa Waspada, berencana membangun sentra ternak kambing terpadu di Kab. Langkat, Sumatera Utara, Senin (16/11/2020).


Rencana tersebut ditargetkan terealisasi pada akhir tahun 2020.

 

Afandin dalam siaran pers yang diterima suluhsumatera, Senin (16/11/2020) mengaku, sentra ternak ini merupakan suatu program sangat positif untuk membantu masyarakat setempat.


"Kita merasa ini merupakan satu program yang sangat positif untuk dapat membantu masyarakat setempat yang membutuhkan dan pastinya yang mau bekerja ya," ujar Afandi.


Dia pun berharap kedepannya program ini dapat berkembang di berbagai kecamatan yang ada di Kab. Langkat.


"Untuk saat ini perdana kita lakukan di satu titik dahulu, kedepannya kita berharap bisa berkembang di 23 kecamatan yang ada di Kab. Langkat," ucap Afandin.


Terkait rancangan program ini, Sulaiman, selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada juga turut menjelaskan, sentra ternak ini sebagai pilot project yang nantinya menjadi percontohan bagi masyarakat.


"Program pembangunan sentra ternak kambing terpadu ini memang kita rancang sebagai pilot projek, guna dijadikan contoh kedepannya bagi masyarakat luas," ucap Sulaiman.


Sulaiman pun turut menerangkan, konsep yang dianut untuk program ini, yakni menerapkan konsep sosial bisnis. 


"Dikatakan bahwa program ini menganut konsep sosial bisnis karena dimana para mustahik nantinya akan dipekerjakan dan digaji selama dua tahun di sentra ternak ini," paparnya.


Setelah dalam dua tahun mustahik dipekerjakan lanjutnya, kemudian akan diberikan modal kambing untuk dikelola secara mandiri. 


"Nah, jadi setelah dua tahun mereka bekerja dan terlibat langsung di sentra ternak, nantinya mereka akan diberikan kambing sebanyak 25-30 ekor yang akan dikelola mandiri di rumah," papar Sulaiman.


Dia pun berterima kasih kepada Pembkab Langkat yang turut mendukung program ini.


"Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Langkat yaitu bapak wakil bupati yang sudah membantu agar nantinya program ini dapat terlaksana segera di kabupaten Langkat," ucap Sulaiman.

 

Dengan adanya program ini, Sulaiman berharap nantinya akan melahirkan para pebisnis ternak dari mustahik. 


"Sebagaimana konsep yang sudah kita gagas dalam program ini, kita berharap semoga lahir pebisnis-pebisnis masa depan dari para mustahik," tandas Sulaiman.


Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. 


Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (sya/ril)

KOMENTAR