--> Bupati Palas Menerima Mobile Combat PCR Covid-19 Dari Fastlab Jakarta | suluh sumatera

Bupati Palas Menerima Mobile Combat PCR Covid-19 Dari Fastlab Jakarta

Bagikan:

Bupati Palas Menerima Mobile Combat PCR Covid-19 Dari Fastlab Jakarta

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) selaku Ketua Satgas Covid-19 didampingi Wakil Ketua Satgas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, Kaban Bappeda, Hj. Yenny Nurlina Siregar, SP, Asisten I Setdakab, GT. Hamonangan Daulay, menerima penyerahan mobile Combat PCR Covid dari Fastlab Jakarta. Foto: suluhsumatera/istimewa.

PADANG LAWAS


suluhsumatera : Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) menerima penyerahan Mobile Combat PCR dari Fastlab Jakarta, Sandi Kesuma di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jl. Ki Hajar Dewantara, Sibuhuan. Jumat (25/12/2200).


Penyerahan mobil PCR Covid-19 ini dihadiri Wakil Bupati Palas, ,drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, Asisten I GT Hamonangan Daulay, Direktur RSUD Sibuhuan dr. Elni Rubianti Daulay, Kaban Bappeda Hj. Yenny Nurlina Siregar, SP, Kasi P2P Menular Dinas Kesehatan Hasan Basri Hasibuan, SKM, MKM.


Bupati Palas berharap, mobil PCR ini nantinya dapat membantu masyarakat, khususnya masyarakat Padang Lawas dalam pemeriksaan tes Swab PCR Covid-19 secara gratis.


Dikatakan, mobil PCR ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahap III tahun 2020, mobil ini dapat melakukan pemeriksaan PCR Covid-19.


"Dalam proses 11 hari, baru diketahui hasilnya, dengan adanya Mobile Combat PCR Covid-19 dalam waktu singkat hanya dua jam telah dapat memberikan hasil pemeriksaan Swab bagi masyarakat Kab. Palas yang diberikan secara gratis," kata TSO.


TSO, selaku Ketua Satgas Covid-19 Kab. Palas itu mengatakan, mobil PCR nanti akan keliling di 17 kecamatan di Kab. Palas, untuk pemeriksaan Swab PCR Covid-19, bagi masyarakat.


Dikatakan, kehadiran mobile Combat PCR Covid-19 ini bertujuan, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pemeriksaan Swab PCR, tidak perlu harus mengirim sample sweb ke RS rujuk Pemerintah Covid-19 di Medan.


"Untuk uji coba pemeriksaan Swab PCR diawali dari Petugas publik bagian pelayanan kesehatan, ASN serta lapisan masyarakat umum," ucap TSO.


Sementara Pihak Fastlab Jakarta yang menyerahkan langsung Mobile Combat PCR Covid-19, Sandi Kesuma mengatakan,  di dalam mobile Combat PCR Covid ini ada dua alat PCR yang berfungsi untuk pemeriksaan Swab PCR.


Sandi menjelaskan, fasilitas di dalam mobile PCR Covid-19 antara lain, kabinet standar BSC dua, alat auto purifikasi, air purifier untuk menjaga kondisi udara didalam kabin mobil, GPS, Swab Chamber untuk proses pengambilan sample agar tidak ada kontak langsung antara petugas didalam mobil dengan pasien.


Selain itu lanjut dia, perangkat pendukung laboratorium untuk proses ekstraksi dan Sistem aplikasi yang sudah terintegrasi ke Dukcapil dan BNPB.


"Hasil yang dikeluarkan oleh mobile combat PCR ini langsung masuk ke Hp pasien secara realtime," ujar Sandi Kesuma, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kab. Karo.


Ia menambahkan, petugas tenaga pelayanan untuk pemeriksaan Swab PCR akan diberikan pelatihan dan bimbingan untuk pengoperasian alat PCR Covid dalam waktu dekat ini. (sutan)

KOMENTAR