--> Longsor Susulan di Sumedang, 1 Orang Meninggal | suluh sumatera

Longsor Susulan di Sumedang, 1 Orang Meninggal

Bagikan:

Longsor Susulan di Sumedang, 1 Orang Meninggal


SUMEDANG


suluhsumatera : Longsor susulan yang terjadi di wilayah Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, memakan korban, yakni seorang pegawai pemerintahan yang bertugas sebagai Kepala Seksi Trantib Kec. Cimanggung bernama Suhanda.


Informasi dihimpun, sebelum kejadian Suhanda tengah melakukan pendataan terhadap warga yang terdampak longsor yang terjadi, pada Sabtu (9/1/2021). Setelah pukul 19.30 WIB, Longsor susulan terjadi hingga akhirnya menimbun dirinya.


Suhanda kini sudah ditemukan dan langsung dibawa ke Puskesmas terdekat, tepatnya di Puskesmas Sawah Dadap.


"Maaf tadi lagi sibuk membawa jasad pak MP (Suhanda), di Puskesmas Sawah Dadap," ujar salah satu anggota Satpol PP, Hendra, seperti dilansir dari laman detikcom.


Selain Suhanda, Danramil Cimanggung, Kapten Inf. Setyo Pribadi hingga kini masih hilang kontak dan masih dalam pencarian.


Bahkan, salah satu anggota Polsek Cimanggung, Ipda. Dani telah ditemukan dalam kondisi setengah badan tertimbun longsor.


Sementara itu, Anggota Subsektor 15 Citarum Harum, Serka. Erik yang membantu di lapangan mengatakan, pencarian terhadap Danramil Cimanggung terus dilakukan. 


Namun mengingat kondisi cuaca dalam kondisi hujan, pencarian pun manjadi terhambat.


"Setelah longsor susulan, Danramil (Kapten Inf. Setyo Pribadi) hilang kontak. pencarian masih dilakukan menggunakan alat berat. Hanya sekarang giliran," katanya.


Kemudian Kasubag Humas Polres Sumedang, AKP. Dedi Juhana menambahkan, salah satu anggota Polsek Cimanggung juga ditemukan dalam kondisi tertibun longsor pada setengah bagian badannya. Korban mengalami patah tulang.


"Ya ada anggota Binmas Polsek Cimanggung (tertimbun material longsor). Dia langsung di bawa ke rumah sakit karena mengalami patah tulang. Saat itu kapolres (AKBP. Eko Prasetyo Robbyanto) hadir untuk meninjau lokasi longsor, namun saat itu terjadi longsor susulan namun kapolres selamat nggak ada luka," terang Dedi.


Sebelumnya, Hujan deras memicu bencana tanah longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021) sore.


Berdasarkan informasi dihimpun, tanah longsor itu menimpa sedikitnya delapan rumah warga dan mengakibatkan satu orang warga tertimbun longsor. Awalnya hanya terdata satu, namun bertambah jadi 12 orang dipastikan tertimbun.


Petugas pusdalops BPBD Sumedang Erisca mengatakan peristiwa longsor ini terjadi diakibatkan adanya tebing setinggi 20 meter dengan panjang 40 meter mengalami longsor hingga menimbun 14 rumah.


"Saat ini masih ada korban dalam pencarian mencapai 12 jiwa. Untuk laki-laki dan perempuan belum bisa dipastikan," kata Erisca. (*)

KOMENTAR