--> Wabup Palas Membuka STQ 1 Lubuk Barumun | suluh sumatera

Wabup Palas Membuka STQ 1 Lubuk Barumun

Bagikan:

Wabup Palas Membuka STQ 1 Lubuk Barumun


PADANG AWAS


suluhsumatera : Seleksi Tiwatil Quran (STQ) Kec. Lubuk Barumun, Kab. Padang Lawas (Palas) diikuti 150 qori dan qoriah utusan dari 24 desa di wilayah kecamatan tersebut.


STQ tingkat Kec. Lubuk Barumun itu dibuka Wakil Bupati (Wabup) Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi, Jumat (05/02/2021) malam, di halaman Kantor Camat Lubuk Barumun, Pasar Latong.


"Mari kita jadikan momentum STQ ini sebagai  sarana syiar agama dan pembentukan karakter ahlaqul karimah di tengah masyarakat dalam memahami isi kandungan Alquran," ujar Wabup.


Selain itu lanjut Wabup, dengan moment STQ ini merupakan kegiatan yang dapat mempererat ukuwah Islamiyah, khususnya diantara peserta maupun masyarakat Kec. Lubuk Barumun.


Menurut Wabup, melalui STQ memberikan dampak proses kajian dan baca Alquran yang lebih berkualitas para qori dan qoriah dalam perlombaan yang dilaksanakan.


"Pandangan yang lebih luas, dengan even STQ yang dilaksanakan mewarni pembentukan mental, karakter dan akhlaq sehingga nilai-nilai dan etika sosial yang bersumber dari Alquran dapat menjadi tuntunan dalam kehidupan di tengah masyarakat," kata Zarnawi.


Pada kesempatan itu, Wabup juga mengimbau, para peserta STQ dan dewan juri dapat menerapkan protokoler kesehatan sesuai anjuran pemerintah pada masa pandemi Covid-19 saat ini. 


"Atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat atas pelaksanaan STQ pertama tingkat Kec. Lubuk Barumun," ujarnya.


Sebelumnya, Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap mengatakan, STQ ini bukan semata-mata mengejar untuk menjadi juara, tetapi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pembangunan dan pembinaan umat.


"Menghafal, memahami serta dapat mengaplikasikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari itulah yang paling utama, yang harus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.


Saat sebelumnya, Ketua Panitia STQ Safril Hasibuan mengatakan, STQ diikuti sebanyak 150 peserta terdiri dari 74 orang lelaki dan 76 perempuan.


"Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di empat  titik lokasi yaitu, Masjid Baitul Iman Desa Pagaran Jae Batu, Masjid Al-Matdiyah Desa Pasar Latong, Kantor Kecamatan Lubuk Barumun serta Ponpes Robiul Islam Pasar Latong," katanya.


"Pada STQ pertama Kec. Lubuk Barumun ini ada lima cabang yang akan dilombakan, yaitu Tahfis 1 sampai 5 juz, Mujawwad, Tafsir, dan Hapalan Hadist serta tahfis 10 juz sampai 30 juz, masing-masing dengan kategori putra dan putri," jelas Safril.


Hadir di kegiatan itu, 24 Kepala Desa se Kec. Lubuk Barumun, tokoh masyarakat, KUA Kec. Lubuk Barumun, dan Anggota DPRD Raja Aslin Sinaloan Lubis serta masyarakaat. (sutan)

KOMENTAR