--> Polres Palas Sigap Bantu Korban Banjir di Barumun Baru | suluh sumatera

Polres Palas Sigap Bantu Korban Banjir di Barumun Baru

Bagikan:

Polres Palas Sigap Bantu Korban Banjir di Barumun Baru

Kasat Sabhara Polres Palas,AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH dan Kasi Provam, Iptu. G. Harahap saat mengevakuasi korban banjir di Desa Siolip, Kec. Barumun Baru ke tempat yang lebih aman. Foto: suluhsumatera/sutan.

PADANG LAWAS


suluhsumatera : Personel Polres Padang Lawas (Palas) sigap turun ke lokasi banjir di Kec. Barumun Baru, Kab. Palas.


Kejadian tersebut terjadi di Desa Binabo Jae, Desa Siolip, Desa Sabarimba, Desa Hasahatan Julu, Desa Sigorbus Julu, dan Desa Sigorbus Jae, Sabtu (27/03/2021) pagi.


Pantauan di lapangan, pihak Polres Palas langsung menerjunkan personil turun langsung ke lokasi, untuk memberi bantuan mengevakuasi warga korban banjir ke tempat yang lebih aman, baik pria, wanita utamanya kepada anak-anak.


Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK, melalui Kasat Sabhara, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH, mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu warga yang terdampak banjir, terutama warga yang terjebak di lokasi banjir.


Selanjutnya, katanya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait dan masyarakat yang terdampak banjir untuk memberikan bantuan.


"Kami dari Polres Palas turut perihatin atas kejadian ini, semoga para korban diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ini," ujar yusuf.


Ditempat berbeda, Kepala Desa Siolip, Kholid Nasution, kejadiannya sekira pukul 4.30 WIB, akibat meluapnya Sungai Barumun, kondisi cuaca saat ini musim hujan.


Disebutkan, meluapnya Sungai Barumun itu mengakibatkan pemukiman warga Desa Siolip terendam banjir hingga 70 persen, dengan rata-rata setinggi lutut dan paling tinggi satu meter.


"Alahamdulillah, situasi saat ini banjirnya sudah surut, aman dan terkendali berkah bantuan dari semua pihak," ucap Kholid.


Lebih lanjut diceritakan, setiap musim hujan, ia dan masyarakatnya khawatir akan desanya diterjang oleh Sungai Barumun, karena dekatnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Barumun ke tempat pemukiman warga yang berjarak lebih kurang lebih 50 M.


"Saya dan masyarakat Desa Siolip, memohon dan berharap kepada pemerintah mengeruk dan melancarkan DAS sekaligus membuat dek penaham DAS barumun, untuk menepis terjadinya terjangan air sungai barumun, ke desa kami," pinta Kholid.


"Saya haturkan ucapan terimakasih kepada Polres Palas dan Pemda Palas serta semua masyarakat, yang telah berupaya membantu kami, semoga Tuhan YME membalas semuanya," tutup Kholid. (sutan)

KOMENTAR