--> Azan Sinaga, dari Reporter TV di Tapsel Kini Jadi Kepala Desa | suluh sumatera

Azan Sinaga, dari Reporter TV di Tapsel Kini Jadi Kepala Desa

Bagikan:

Azan Sinaga, dari Reporter TV di Tapsel Kini Jadi Kepala Desa


TAPANULI SELATAN


suluhsumatera : Muhammad Azan Sinaga, 50 adalah Kepala Desa terpilih untuk Desa Sipangko, Kec. Angkola Muara Tais, yang dilantik Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Haji Dolly Pasaribu pada hari ini, Selasa (17/01/2023).


Untuk sekadar diketahui, Azan Sinaga akan memimpin Desa Sipangko hingga enam tahun kedepan.


Sebelum jadi Kepala Desa, berbagai profesi telah digeluti Azan Sinaga. Mulai dari reporter tivi, manajer hotel dan manajer perusahaan hingga staf humas di Polres Tapanuli Selatan.


“Saya memulai karir sebagai reporter di DeliTV Medan sekitar tahun 2005 lalu,” ujar Azan Sinaga saat diajak wartawan bincang-bincang usai dilantik di Lapangan Kantor Bupati Tapanuli Selatan.


Diceritakan, setelah malang-melintang sebagai reporter tivi swasta selama 10 tahun lebih, pada tahun 2015 ia pindah profesi menjadi manajer di Hotel Asean Medan (sekarang Radisson Hotel Medan) hingga tahun 2018.


“Ada tawaran dari pemilik Hotel Asean waktu itu Mr. Philander Jong untuk menjadi humas hotel. Karena gajinya besar langsung saja saya iyakan, ha..ha.ha..ha, padahal saya tak punya ilmu perhotelan,” tutur Azan sambil tertawa.


Tidak sampai tiga bulan bekerja sebagai humas hotel, kata Azan, karirnya  meningkat dan diangkat menjadi manajer HRD.


“Jadi manajer HRD hotel itu ada enak dan tak enaknya, kerjanya mengangkat karyawan baru, membina dan memecat karyawan bandal. Beruntung saya Sarjana Hukum jadi tak ada masalah, agak paham saya soal hukum dan aturannya jadi mudah menerapkan ke pekerjaan,” lanjut Azan.


Sukses mengatasi berbagai permasalahan karyawan Hotel Asean, pada tahun 2016 itu juga, lanjutnya, ia ditarik owner group perusahaan ke manajemen pusat perusahaan,


“Tahun 2016 saya ditarik owner ke pusat perusahaan PT. AIHO yang membawahi berbagai perusahaan di Sumatera. Ada Hotel Asean Medan, ada perusahaan perkebunan sawit di Bengkulu, Pekanbaru, dan Aceh, kemudian ada juga perusahaan real estate. Mr. Philander Jong mempercayakan saya sebagai manajer holding company di perusahaan PT. AIHO,” beber Azan sambil senyum.


Dikatakan juga, bahwa sebagai manajer holding company di perusahaan PT. AIHO, dirinya harus bolak-balik ke berbagai tempat anak perusahaan untuk melakukan perbaikan manajemen dan karyawan.


“Capek sih, tapi gajinya enak puluhan juta rupiah ha...ha..ha..ha,” kata Azan gembira mengenang masa lalu.


Pada akhir tahun 2018, ia keluar dari grup PT. AIHO dan memilih kerja sebagai PHL di Humas Polres Tapanuli Selatan.


“Pulang kampung aku. Biar bisa berbakti kepada negara dan masyarkat, saya terima tawaran untuk PHL di Humas Polres Tapanuli Selatan,” lanjut Azan.


Disebutkan, bekerja di Humas Polres Tapanuli Selatan ini, dirinya merasa nyaman karena dekat dengan tanah kelahirannya, Desa Sipangko, Kec. Angkola Muara Tais.


“Selain bekerja di Humas Polres Tapsel, saya sekaligus jadi teporter Efarina TV untuk Tapanuli Bagian Selatan,” tutur Azan.


“Tentu saja, sebagai reporter tivi, sangat mendukung kinerja saya di Humas Polres Tapanuli Selatan,” tambahnya.


Lanjut Azan, setelah mengabdi tiga tahun lebih di Polres Tapsel, pertengahan tahun 2022, ia pun memutuskan keluar dari Humas Polres Tapsel dan mendaftar sebagai Calon Kepala Desa Sipangko, dan sekarang telah dilantik sebagai Kepala Desa Sipangko periode 2023 - 2028.


Ditanya mengenai profesi reporter tivi yang kini digelutinya, Azan menyatakan akan tetap memegang profesi tersebut, meski telah menjabat sebagai Kepala Desa.


“Kepala Desa iya, reporter tivi iya, sebenarnyakan kedua profesi ini saling mendukung agar Desa Sipangko bisa lebih cepat majunya. Tinggal bagaimana kita memanejemennya aja,” pungkasnya.


Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, ia berharap bisa membawa Desa Sipangko ke arah yang lebih baik lagi, sehingga masyarakatnya lebih maju dan makmur. (baginda)

KOMENTAR