--> Hingga Proses Persalinan Selesai Penerangan di Puskesmas Negeri Lama Belum Ada, Bayi Lahir Menggunakan Penerangan Senter Handphone | suluh sumatera

Hingga Proses Persalinan Selesai Penerangan di Puskesmas Negeri Lama Belum Ada, Bayi Lahir Menggunakan Penerangan Senter Handphone

Bagikan:

Hingga Proses Persalinan Selesai Penerangan di Puskesmas Negeri Lama Belum Ada, Bayi Lahir Menggunakan Penerangan Senter Handphone


BILAH HILIR

suluhsumatera : Fasilitas mesin genset sangat minim, sehingga ketika listrik padam, Ruang Rawat Inap Puskesmas Negeri Lama, Kec. Bilah Hilir, Kab. Labuhanbatu, gelap gulita, terutama di ruang bersalin.


Akibatnya, proses persalinan seorang warga di Puskesmas itu ketika listrik padam hanya menggunakan lampu senter handphone dengan pencahayaan seadanya, pada Selasa (26/05/2020) sekira pukul 22.00 WIB.

"Kasihan saya lihat anak saya sedang proses persalinan itu, cucu saya lahir hanya diterangi cahaya senter handphone. Lampu penerangan pengganti nggak ada juga menyala," ungkap Ano, kakek bayi yang baru lahir tersebut.

Kepala Puskesmas Negeri Lama, Sukiyem saat dihubungi wartawan meminta penjelasan permasalahan lampu pengganti saat listrik padam mengatakan, genset ada, namun rusak.

"Generator ada, tapi sekarang rusak. sudah kita laporkan juga ke dinas, tapi sampai sekarang belum diperbaiki, teknisinua tidak ada. Mesin genset adanya di situ untuk sementara," sebutnya melalui sambungan seluler.

Petugas piket Rawat Inap Puskesmas Negeri Lama juga membenarkan generator yang ada sedang rusak. 

"Sudah lama rusaknya bang. Ku rasa sudah dua tahun inilah bang nggak berfungsi," sebutnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, saat listrik padam pada malam itu, petugas mendatangkan satu unit mesin genset, namun bukan genset yang stanbay di Puskesmas tersebut. 

Namun, hingga proses persalinan selesai lampu penerangan belum juga menyala di Ruang Rawat Inap Puskesmas Negeri Lama hingga akhirnya listrik kembali menyala. (azhari)

KOMENTAR