--> Pasien Positif Covid-19 di Simalungun Bertambah 2 Orang | suluh sumatera

Pasien Positif Covid-19 di Simalungun Bertambah 2 Orang

Bagikan:

Pasien Positif Covid-19 di Simalungun Bertambah 2 Orang

Kepala Dinas Kesehatan Simalungun, dr. Lidya Saragih. Foto: suluhsumatera/istimewa.

SIMALUNGUN

suluhsumatera : Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Simalungun, J. R. Saragih, melalui Humas, Akmal Siregar dan Kepala Dinas Kesehatan Simalungun dr. Lidya Saragih menyampaikan update jumlah pasien Covid-19 di Kab. Simalungun.

Hingga Sabtu (30/05/2020) pagi, pukul 08.00 WIB, tercatat penambahan dua orang pasien positif Covid-19, berdasarkan hasil Swab.

Dengan penambahan ini, total pasien positif Covid-19 menjadi 22 orang. Dari 22 pasien ini, enam pasien dinyatakan sembuh.

Penambahan dua pasien positif Covid-19 ini, berdasarkan surat yang diterbitkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, setelah keluarnya hasil pemeriksaan sampel Covid-19, pada 28 Mei 2020, yang dilakukan laboratorium klinik terpadu, Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara, Medan.

Kepala Dinas Kesehatan Simalungun, dr.  Lidya Saragih menyampaikan, satu pasien positif merupakan warga Kec. Siantar, berjenis kelamin perempuan, berusia 48 tahun yang sudah dirawat sejak 19 mei 2020 di Rumah Sakit Darurat fasilitas khusus Covid-19 yang berada di Batu 20, Kec. Penambean Pane.

Seorang lagi merupakan remaja berusia 11 tahun, warga Kec. Tanah Jawa dan telah dirawat di Rumah Sakit Umum Perdagangan, sejak 20 Mei 2020 lalu.

Lidya juga menjelaskan, bahwa salah seorang pasien yang dirawat di Rumah Sakit Perdagangan, sejak 19 Mei 2020 yang merupakan rujukan dari Rumah Sakit Swasta di kota Pematangsiantar.

Pasien tersebut kata dia, berjenis kelamin pria, berusia 54 tahun warga Kec. Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, yang hasil Swab-nya diterima pada 28 Mei 2020, dinyatakan positif Covid-19 dan pencatatannya dilakukan di Pemko Pematangsiantar.

"Ketua Gugus Tugas, J. R. Saragih, sudah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan dan satuan tugas di kecamatan untuk melakukan tracking kembali di area wilayah tempat tinggal masing-masing dan keluarga inti pasien, guna memastikan memutus penyebaran Covid-19," ucap Lidya.

Lidya menambahkan, dengan bertambahnya jumlah pasien Covid-19, berikan Pemkab doa dan kepercayaan, warga yang positif ini diberikan pelayanan secara maksimal, sejalan sudah berhasil sembuh pasien Covid-19 sejumlah enam orang. 

Dia berpesan, untuk kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan harus ditingkatkan, tidak menjadi panik, dan waspada harus dilakukan, guna meningkatkan imunitas tubuh tetap baik. (syahru)

KOMENTAR