--> Persiapan Penanaman Perdana PSR, Dinas Pertanian Bengkalis Cek Bibit Kelapa Sawit | suluh sumatera

Persiapan Penanaman Perdana PSR, Dinas Pertanian Bengkalis Cek Bibit Kelapa Sawit

Bagikan:

Persiapan Penanaman Perdana PSR, Dinas Pertanian Bengkalis Cek Bibit Kelapa Sawit


PEKANBARU

suluhsumatera : Kepala Dinas Pertanian Bengkalis, Provinsi Riau, H. Tarmizi, SP, MSi berkunjung ke penangkaran bibit kelapa sawit bersertifikat Udaya Lohjinawi, Desa Serosah, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantansingingi, Rabu (03/06/2020).

Kedatangan Tarmizi ini untuk pengecekan bibit kelapa sawit secara langsung yang akan digunakan untuk kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di Desa Muara Dua, Kec. Siak Kecil, Kab. Bengkalis tahun ini.

Dalam kunjungan itu, Tarmizi didampingi Kepala Bidang Perkebunan Rusmadi, Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan Idris, Sekertaris Wahyudi, dan Bendahara Mukhsinin. Turut hadir Kepala Desa Muara Dua, Eko Riyono.

Tarmizi dan rombongan di lokasi penangkaran berkeliling melihat bibit kelapa sawit yang tumbuh baik dan terlihat berkualitas.

Tampak hamparan bibit kelapa sawit yang memiliki bentuk batang bawah gemuk dan pendek.

Memiliki warna radikula kekuning-kuningan mendekati hijau, calon batang serta calon daun yang bersih keputih-putihan.

Kemudian, bibit kelapa sawit memiliki bentuk anak daun melebar, tidak kusut dan tidak menggulung. 

"Untuk penanaman perdana PSR di Bengkalis dilaksanakan di Desa Muara Dua, Kec. Siak Kecil. Makanya kami turun langsung bersana Kelompok Tani Raih Kemenangan," ujar Tarmizi.

Kunjungan kerja ini sebut dia, dalam rangka mensukseskan program penanaman kembali (replanting) kelapa sawit yang akan diimplementasikan di Kab. Bengkalis dalam waktu dekat ini. 

Dikatakan, PSR ini ditujukan kepada para petani yang memiliki lahan maksimal 2 hektare (Ha), untuk meningkatkan jumlah produksi serta meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kami ingin bibit yang ditanam berkualitas dan tingkat produksinya kedepan meningkat.
Melihat penangkaran ini saya puas," ungkapnya. 

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Raih Kemenangan, Idris mengaku, merasa puas dengan melihat bibit ini secara langsung.

"Benih yang dihasilkan di lokasi ini terlihat berkualitas dan saya puas. Kami berharap dapat meningkatkan produktivitas ditengah keterbatasan lahan sekarang ini," imbuhnya.

Kepala Desa Muara Dua, Eko Riyono pun menyebutkan, setelah berkeliling melihat penangkaran ini merasa puas.

"Kami datang melihat dan berharap bisa mendapatkan bibit berkualitas dengan kuantitas produksi yang tinggi. Saya pribadi juga sangat puas," tandasnya. (ril/*)

KOMENTAR