--> Hujan Deras, Ruas Jalinsum Siantar-Parapat Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan | suluh sumatera

Hujan Deras, Ruas Jalinsum Siantar-Parapat Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Bagikan:

Hujan Deras, Ruas Jalinsum Siantar-Parapat Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Kasat Lantas Polres Simalungun bersama personel Lantas dan Polsek Parapat saat berada di lokasi jalan longsor untuk melakukan evakuasi dan pengaturan arus lalu lintas. Foto: suluhsumatera/ist.


SIMALUNGUN


suluhsumatera : Hujan deras yang turun di wilayah Kab. Simalungun, Sabtu (11/72020) malam, mengakibatkan perbukitan yang berada di tepi Jalan Lintas Sumatera (Jalan Lintas Tengah) Pematangsiantar-Parapat, longsor dan menimbun badan jalan.


Tumpukan material longsor yang menimbun badan jalan setinggi satu meter ini, berjarak 2 Km dari Kota Wisata Parapat, tepatnya di Desa Sibaganding, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun, membuat badan jalan tidak dapat dilalui.


Arus lalu lintas dari arah Kota Pematangsiantar yang menuju Parapat dan Kab. Toba, dialihkan melalui jalur alternatif dari Simpang Palang menuju Simpang Sitahoan, begitu juga sebaliknya.


Kapolres Simalungun, AKBP. Agus Waluyo, yang mendapatk informasi longsor menimbun badan Jalan Lintas Sumatera ini langsung memerintahkan Kasat Lantas, AKP. Jodi Indrawan dan Kapolsek Parapat, AKP. Irsol bersama personelnya untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.


Kendaraan yang melintas dialihkan ke jalur alternatif serta melakukan pembersihan material longsor di badan jalan menggunakan alat berat.


Kapolres Simalungun, AKBP. Agus Waluyo menjelaskan melalui rilisnya, saat ini di lokasi jalan longsor kondisinya masih hujan deras, hingga evakuasi longsor masih belum dilakukan secara maksimal.


Apa lagi kata dia, material longsor yang berada di badan jalan telah mencapai ketinggian satu meter dengan material longsor berupa tanah dan bebatuan yang menumpuk di sepanjang 30 meter ruas jalan itu.


"Saya minta untuk kepada Kapolsek sejajaran Polres Simalungun untuk selalu siaga, mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Kab. Siamalungun. Saya juga mengingatkan kepada setiap Kapolsek yang memiliki wilayah rawan banjir dan longsor, agar selalu waspada, dan secepatnya untuk melaporkan jikalau ada bencana serta lakukan upaya penanganan dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan BPBD Simalungun," pungkas Waluyo.


Dia menambahkan, agar kepada setiap personel Polres Simalungun agar selalu menjaga stamina dan imun tubuh yang kuat untuk tetap sehat, selalu saling mengingatkan serta tetap menjaga kekompakan. (syahru/chacha)

KOMENTAR