--> Juli Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir UIN-SU | suluh sumatera

Juli Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir UIN-SU

Bagikan:

Juli Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir UIN-SU


MEDAN


suluhsumatera : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) akan menutup penerimaan mahasiswa baru S2 Ilmu Alquran dan Tafsir, pada 21 Juli 2020 mendatang.


Informasi batas akhir masa pendaftaran yang tinggal beberapa hari lagi ini disampaikan agar masyarakat tidak terlambat mendaftarkan diri memasuki jenjang strata II atau magister bidang ilmu Alquran dan Tafsir.


Masyarakat tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri di Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir ini, sebab pada usianya yang keempat tahun sudah menamatkan dua angkatan, yaitu angkatan 2017 dan 2018. 


Mahasiswa yang mendaftar S2 IAT selama empat tahun terakhir dimasa pengelolaan Ketua Prodi, Dr. Husnel Anwar, MAg dan Sekretaris Abrar M. Dawud Faza, MA ini senantiasa mendapatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru cukup signifikan setiap tahunnya.


Dekan Fakultas Ushuluddin UIN-SU Medan, Prof. Dr. Katimin, MAg menyampaikan, pengelolaan program magister Ilmu Alquran dan Tafsir telah berjalan baik, sesuai regulasi tata kelola yang sudah ditetapkan dalam Renstra (Rencana Strategis) program studi. 


"Pimpinan fakultas mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dedikasi pengelola program studi, sehingga program studi ini begitu diminati masyarakat dan menjadi ikon program magister terbaik di lingkungan UIN Sumatera Utara," imbuhnya.


Di tempat terpisah, Wakil Dekan I, Dr. Arifinsyah, MAg memberikan penjelasan, program magister ini berada di Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN-SU dengan menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 43-49 SKS dan menggabungkan antara mekanisme perkuliahan 3 semester serta penelitian 1 semester, sehingga empat semester sudah dapat tamat dengan memperoleh gelar MAg (Magister Agama).


"Program ini diasuh oleh para ahli di bidangnya dengan kualifikasi S3 dan Profesor serta secara tentatif mendatangkan dosen tamu dari dalam dan luar negeri dengan kualifikasi lulusan ditargetkan menjadi mufassir, peneliti maupun ahli di bidang Ilmu Alquran juga Tafsir berbasis turasts, sains, dan teknologi," pungkasnya.


S2 IAT juga telah memiliki akreditasi dengan peringkat B. Ketua program studi, Dr. Husnel Anwar, MAg menegaskan, penerimaan mahasiswa tahun keempat pada 2020 ini lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya.


"Alhamdulillah di tahun ini terasa lebih istimewa disebabkan program studi kita sudah memiliki predikat akreditasi B dari BAN-PT pada bulan Januari 2020 yang berlaku hingga tahun 2024 dan saat ini sudah mendaftar sebanyak 13 orang, hal ini tentu lebih menyakinkan bagi calon-calon mahasiswa yang akan mendaftar lagi beberapa hari ke depan, di samping tentunya program magister ini sangat bermanfaat bagi pengembangan dakwah dan pendidikan Islam di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya.


Pendaftaran mahasiswa baru sudah dibuka sejak April 2020 lalu dan akan berakhir, pada 21 Juli 2020. 


Pendaftaran dilakukan dengan terlebih dulu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300 ribu, melalui teller Bank BNI Syariah atau Konvensional dengan menyebutkan pendaftaran program magister (S2) reguler, selanjutnya nanti pada slip pembayaran tercantum kode username dan password pendaftaran secara online di laman website http://pmb.uinsu.ac.id. 


Kemudian Abrar M. Dawud, MA, Sekretaris Prodi menambahkan, pengelola Prodi dapat membantu proses pendaftaran calon mahasiswa baru dengan menghubungi staf di nomor HP/WA 081360783484, atau melihat langsung pengumuman penerimaan mahasiswa baru di laman http://iat-s2.uinsu.ac.id/berita/read/148/penerimaan-mahasiswa-baru-ta-2020-2021.html. 


"Insya Allah nanti prodi akan membantu keseluruhan proses pendaftaran sehingga calon mahasiswa baru tidak mengalami kendala yang berarti," tandasnya. (hrp)

KOMENTAR