--> Bahas Gerakan Ketahanan Pangan untuk Negeri, DPP SUN Temui Korwil Seknas BUMP Riau | suluh sumatera

Bahas Gerakan Ketahanan Pangan untuk Negeri, DPP SUN Temui Korwil Seknas BUMP Riau

Bagikan:

Bahas Gerakan Ketahanan Pangan untuk Negeri, DPP SUN Temui Korwil Seknas BUMP Riau


PEKANBARU


suluhsumatera : Sekretaris Jendral DPP Perkumpulan Suara Untuk Negeri, H.

Muhammad Sahrin Nasution bertemu dengan Ketua Korwil Seknas Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Riau, Alexander Pranoto, Sabtu (18/07/2020), di RA Kopi Aren, Kota Pekanbaru.


Pertemuan keduanya untuk bersama mewujudkan ketahanan pangan di Provinsi Riau pada masa mendatang. 


Dalam pembicaraan tersebut keduanya sepakat bersama menggerakan geliat ekonomi petani di Riau.


Ketua Korwil BUMP Riau, Alexander Pranoto mengatakan, pengembangan berbagai komoditi tanaman pangan dan hortikultura seperti padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, talas, aneka tanaman sayuran, dan buah. Termasuk peternakan dan perikanan. 


"Kita berharap kedepan bisa bersama  menjaga keseimbangan supply dan demand bahan pangan," ujarnya usai pertemuan itu.


Sekretaris Jendral DPP Perkumpulan Suara Untuk Negeri, H. Muhammad Sahrin Nasution menambahkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang turut menyepakati program pembangunan berkelanjutan dalam rancangan SDGs (Sustainable Development Goals).


Menurut dia, sektor pertanian Indonesia menjadi bagian penting pembangunan berkelanjutan, dalam kaitannya dengan ketahanan pangan nasional, khususnya di Riau.


"Kita ingin bersama dengan Korwil Seknas BUMP Riau mencapai ketahanan pangan dan nutrisi yang lebih baik serta mendukung pertanian berkelanjutan," jelasnya.


Menurut dia, pertanian berkelanjutan dimaknai sebagai suatu sistem pertanian perlu kerja sama seluruh stakeholders dalam menunjang proses dan produksi pertanian secara kuantitas dan kualitas. 


Disamping itu, pertanian berkelanjutan diarahkan juga pada sikap respek terhadap lingkungan.


"Ini upaya kita mewujudkan kebijakan strategis ekonomi terutama pangan menjadi prioritas dalam implementasi pembangunan," ucap mantan Direktur Relawan Jokowi-Makruf Amin di Provinsi Riau itu. (wan)

KOMENTAR