--> 10 Muharram Tahun Ini MTsN 1 Labura Santuni 67 Mustahak | suluh sumatera

10 Muharram Tahun Ini MTsN 1 Labura Santuni 67 Mustahak

Bagikan:

10 Muharram Tahun Ini MTsN 1 Labura Santuni 67 Mustahak

Kepala MTsN 1 Labura, Akhmad Syiroj, MPd menyerahkan santunan kepada siswa sebagai mustahak. Foto: suluhsumatera/zain.

LABUHANBATU

suluhsumatera : MTsN 1 Labura menyambut 10 Muharram dengan menyantuni anak yatim/piatu. 

Kegiatan ini merupakan tradisi dari sejarah masa lalu umat Islam tepat di hari ke-10 Muharram, dalam kalender Islam yang disebut juga dengan hari Asyura.

Tahun ini ada 67 siswa yatim/piatu atau mustahak mendapatkan santunan dari MTsN 1 Labura, yang diketahui mengalami perubahan jumlah infaq dari tahun sebelumnya.

Dijelaskan, tahun sebelumnya, tradisi ini tetap dijalankan namun hanya dengan jumlah seadanya dan hanya dengan melibatkan para guru saja. 

Namun tahun ini, perdana dengan program yang dilakukan Kepala Madrasah yang disebut dengan Program Cerminan Dasar Maderasah, MTsN 1 Labura berhasil meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

"Program perdana di Madrasah yang waktunya diambil tepat 10  Muharram (Asyura) dan total infaq terbanyak sepanjang Madrasah ini berdiri, dan biasanya dilaksanakan hanya untuk berapa orang dan tidak sebanyak ini untuk total jumlahnya," ujar Kepala MTsN 1 Labura, Akhmad Syiroj, MPd, Sabtu (29/08/2020)

Dijelaskan, dengan melibatkan keluarga besar MTsN 1 Labura, guru/pegawai, orangtua siswa dan seluruh siswa, jumlah infaq terkumpul mencapai Rp.10.050.000. 

Tentunya kata dia, tidak terlepas dari dukungan Ketua Komite Sekolah, Asrul Jaffar dan Sekretaris Imran Basyri Rambe.

Disampaikan Kepala Madrasah, suksesi atau pencapaian yang diharapkan MTsN 1 Labura di 10 Muharram tahun ini juga tidak terlepas dukungan dari panitia infaq untuk siswa dan orangtua siswa diantaranya, ada WKM 1 Bid. Kurikulum Hapnan Lubis, SAg, MSi, WKM 2 Bid. Kesiswaan Limah Sagala, SPdI, WKM 3 Bid. Sarpras Dra. Sri Ramadhani, dan WKM 4 Bid. Humasy Dra. Hj. Syafrida Hanum Pulungan, MPd serta Siti Azrah Tanjung, SAg untuk khusus guru dan pegawai.

Dari jumlah infaq yang terkumpul tahun ini, masing-masing siswa mustahak mendapatkan uang Rp150 ribu, dengan harapan keberkahan bagi seluruh keluarga besar MTsN 1 Labura diantaranya para guru/pegawai, siswa dan orang tua siswa, sehingga terwujudnya visi dan misi MTsN 1 Labura.

"Dengan kegiatan ini, semoga keluarga besar MTsN 1 Labura antara lain bapak ibu guru/pegawai, siswa dan orang tua tetap diberi Allah kesehatan umur yang berkah, tetap di beri cucuran Rahmat rezeki yang tidak terputus. Dijauhkan dari bala, celaka dan penyakit serta  madrasah ini semakin maju berkembang populis di masyarakat dan bisa membentuk insan yang ber Akhlak penuh prestasi dan Berbudaya lingkungan sesuai Visi misi MTsN 1 Labura TA.2020/2021," sebut Syiroj, usai menyerahkan santunan kepada mustahak di halaman MTsN 1 Labura. (zain)

KOMENTAR