--> Ketua Dekranasda Sumut: Sudah Saatnya Pengrajin Sumut Beralih ke Digital | suluh sumatera

Ketua Dekranasda Sumut: Sudah Saatnya Pengrajin Sumut Beralih ke Digital

Bagikan:

Ketua Dekranasda Sumut: Sudah Saatnya Pengrajin Sumut Beralih ke Digital

Ketua Dekranasda Sumut, Nawal Edy Rahmayadi saat mengikuti Munas Dekranas 2020, Rabu (19/08/2020). Foto: istimewa.

MEDAN

suluhsumatera : Salah satu cara untuk industri kerajinan di Sumatera Utara (Sumut) bertahan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan penyesuaian dan beralih ke digital.

"Jadi tadi kita mengikuti Munas dan salah satu permasalahan yang dibahas para pengrajin terdampak pandemi. Untuk itu, kita mulai merancanakan program yang membantu pengrajin lokal di Sumut beralih ke digital," ungkap Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut, Nawal Edy Rahmayadi usai mengikuti  Munas Dekranas 2020, Rabu (19/08/2020).

Nawal menenangkan agar pengrajin tidak berkecil hati. Sebaliknya kata dia, pandemi ini juga harus dipandang sebagai kesempatan untuk maju dengan mulai memanfaatkan teknologi digital.

"Tidak usah khawatir tidak ada pembeli, karena masyarakat sekarang juga sudah banyak yang lebih memilih belanja secara daring. Dengan digitalisasi, tak perlu sewa tempat untuk jualan, banyak positifnya," terang Nawal.

Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin juga memandang pandemi saat ini momentum bagus bagi pengrajin untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital, mendorong inovasi dan kreativitas serta potensi besar untuk memasarkan produk ke khalayak lebih luas secara Daring.

"Dekranasda berperan penting untuk membantu dan membina pengrajin agar mampu menghasilkan produk-produk berdaya saing tinggi agar bisa menembus pasar global. Bantu pengrajin kita untuk masuk dalam pasar digital, sehingga kerajinan Indonesia mampu bertahan di tengah pandemi dan dikenal luas di pasar internasional," pesan Wury. (*)

KOMENTAR