--> MTQN ke 46 Simalungun Dibuka, 543 Peserta Bersaing | suluh sumatera

MTQN ke 46 Simalungun Dibuka, 543 Peserta Bersaing

Bagikan:

MTQN ke 46 Simalungun Dibuka, 543 Peserta Bersaing

Bupati Simalungun bersama Ketua MUI, Kapolres Simalungun, dan Ketua LPTQ Simalungun, memukul rebana sebagai tanda pembukaan pelaksanaan MTQN ke 46 tingkat Kab. Simalungun tahun 2020. Foto: suluhsumatera/istimewa.

SIMALUNGUN

suluhsumatera : Bupati Simalungun, DR. JR. Saragih membuka Musabaqoh Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Kab. Simalungun ke 46 tahun 2020 di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Simalungun, pada Kamis (20/08/2020).

Pembukaan MTQN ke 46 ini ditandai dengan penekanan tombol sirena dan pemukulan rebana oleh Bupati didampingi Kapolres Simalungun, Ketua MUI Simalungun, Kepala Kantor Kemenag dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Simalungun serta perwakilan Dewan Hakim.

Mengingat pandemi Covid-19 saat ini, pembukaan MTQ ini hanya dihadiri oleh undangan terbatas. Para kafilah hanya ditampilkan secara Live Streaming Virtual Meeting dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Pembukaan kegiatan ini diawali pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Supriadi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars MTQ oleh siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Simalungun.

MTQN ke 46 tingkat Kab. Simalungun tahun 2020 ini mengusung tema "Dengan semangat pelaksanaan MTQ ke-46 Tingkat Kabupaten Simalungun, Mari Satukan Langkah untuk Membangun Generasi Muda yang Maju dan Berkarakter Qurani".

Bupati Simalungun, DR. JR. Saragih mengaharapkan, pelaksanaan MTQ ini menjadi sarana untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama peserta.

"Mari kita laksanakan MTQ ini dengan baik. Siapapun yang akan menang dan berangkat ke provinsi nantinya untuk mewakili Kab. Simalungun, agar lebih mempersiapkan diri sehingga hasilnya dapat diraih lebih baik," ungkapnya.

Ketua PTQ Simalungun, Ir. Ramadhani Purba mengatakan pelaksanaan MTQ ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan dari 20 hingga 22 Agustus 2020. 

Menurutnya, kegiatan ini diikuti 543 peserta yang berasal dari setiap kecamatan yang ada di Kab. Simalungun. 

Ramadhani menambahkan, para peserta tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan lomba, berupa cabang Mujawwad, cabang Syarhil Quran, cabang Tahfiz  Al Quran, cabang Fahmil Quran, cabang Tartil Quran, dan cabang Khottil Quran, yang diikuti dari mulai tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa.

Sementara, untuk perlombaan akan  dilaksanakan di tiga lokasi yakni, Gedung MUI, Aula Kemenag Simalungun dan di Sekolah Yayasan UISU di Jalan Asahan, Kec. Siantar, Kab. Simalungun.

"Pada perlombaan ini, seluruh peserta diharuskan untuk mengikuti prosedur protokol kesehatan yang telah ditentukan, seperti memakai masker, jaga jarak, menyiapkan cuci tangan, dan hand satizer serta pengkuran suhu tubuh bagi setiap peserta dan undangan," tandasnya. (syahru)

KOMENTAR