--> Bersahabat dengan Petani, Anggota Komisi IV Effendi Sianipar Salurkan Alat Pertanian di Rohul | suluh sumatera

Bersahabat dengan Petani, Anggota Komisi IV Effendi Sianipar Salurkan Alat Pertanian di Rohul

Bagikan:

Bersahabat dengan Petani, Anggota Komisi IV Effendi Sianipar Salurkan Alat Pertanian di Rohul



ROKAN HULU


suluhsumatera : Anggota DPR RI Komisi IV, Effendi Sianipar menyalurkan bantuan alat pertanian kepada kelompok tani di Kab. Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.


Bantuan yang diberikan berupa traktor roda empat, hand sprayer, traktor roda dua, pompa air, rice transplanter, cultivator, power tressher padi, power tressher multiguna, cron sheller, dan peralatan penunjang pertanian lainnya.


"Semoga dapat untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, meningkatkan penghasilan petani, dan menurunkan biaya produksi," jelas politisi PDI Perjuangan itu kepada wartawan, Sabtu (12/09/2020).


Bantuan disalurkan langsung kepada kelompok tani berkat anugerah dan kelompok tani Sinur Jaya Mahato, Kab. Rohul.


Effendi berharap bantuan tersebut dapat meningatkan produksi hasil pertanian dan memanfaatkan alat itu secara bergilir.


"Yang tidak kalah penting adalah merawatnya, agar bisa digunakan dengan baik dan berkesinambungan," jelasnya.


Sebab lanjut Bupati, kelompok yang sudah mendapatkan bantuan tahun ini, bisa jadi baru dapat 4-5 tahun lagi. Sebab sebut dia, bantuan serupa juga harus diberikan kepada kelompok yang lain.


"Jadi jangan sampai ini sebelum gantian, yang ini sudah rusak posisinya. Ini yang harus diperhatikan. Bagaimana agar berkepanjangan, bagus dan bisa digunakan. Ini aset yang harus dirawat dan harus dijaga," ujar dia.


Effendi juga meminta Dinas Pertanian Rohul dapat mengawal programnya secara baik.


"Sudah banyak bantuan disalurkan. Jangan sampai produksi pangan kita linier-linier saja," jelasnya.


"Ini program yang ada umpan balik, dengan adanya ini, penghasilan petani meningkat, kemudian produksi meningkat, biaya produksi bisa diturunkan, jangan sampai sudah usahakan diberi bantuan tetapi hasilnya sama saja," sambungnya.


Dikatakan, semua ini wujud kepedulian untuk kemajuan petani di Kab. Rohul, sehingga harus digunakan alat-alat itu secara baik. (wan)

KOMENTAR