--> Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Padangsidimpuan Kebanjiran | suluh sumatera

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Padangsidimpuan Kebanjiran

Bagikan:

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Padangsidimpuan Kebanjiran



PADANGSIDIMPUAN


suluhsumatera : Hujan deras yang mengguyur Kota Padangsidimpuan, sejak Selasa (22/09/2020) malam, hingga Rabu (23/09/2020) dini hari, mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah diantaranya, Desa Goti, Desa Manegen, dan Desa Manunggang Julu, Kec. Padangsidimpuan Tenggara.


Ketiga lokasi itu diketahui sering kali menjadi langganan banjir jika intensitas curah hujan tinggi.


Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH didampingi Kepala Pelaksana BPBD Padangsidimpuan, Ir. Arpan Siregar dan Plt. Kepala Satpol PP Padangsidimpuan, Ali Ibrahim Dalimunthe meninjau lokasi banjir tersebut, Rabu (24/09/2020) sekira pukul 00.05 WIB.


Terpantau, intensitas curah hujan semalaman itu mengakibatkan sungai dan parit meluap, sehingga menggenangi badan jalan dan pemukiman warga.


Walikota, Irsan di lokasi banjir mengatakan, beberapa desa di Kec. Padangsidimpuan Tenggara, memang sejak lama hampir setiap tahun selalu mengalami banjir. 


Selama ini kata dia, telah dilakukan sejumlah  langkah penanganan, salah satunya dengan menormalisasi aliran sungai.


Namun, intensitas hujan tinggi membuat air sungai meluap dan sebagian wilayah masih dilanda banjir. 


Untuk itu sebutnya, kedepan pihaknya akan terus mencari solusi bagaimana agar dampak banjir yang terjadi dapat diminimalisir.


"Akan dicari jalan keluar, sehingga ada penyelesaiannya. Kalau tiap tahun tetap terjadi, kita akan mencoba untuk meminimalisir dampaknya," ujar Irsan.


Walikota juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada, mengingat saat ini sedang musim penghujan, tidak menutup kemungkinan terjadi banjir maupun tanah longsor di daerah perbukitan.


Sementara itu, personel BPBD dan Satpol PP yang berada di lokasi melakukan upaya membantu warga menangani dampak banjir.


Masyarakat juga diharapkan agar tidak membuang sampah ke sungai atau parit yang dapat menyumbat aliran air dan kedepannya pemerintah akan berupaya lebih banyak lagi  memperbaiki sungai-sungai kecil dengan normalisasi. (baginda)

KOMENTAR