--> Lagi, Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang Razia di Kota Binjai | suluh sumatera

Lagi, Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang Razia di Kota Binjai

Bagikan:

Lagi, Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang Razia di Kota Binjai

Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang melakukan sosialisasi kepada warga di Kota Medan. Foto: istimewa.

BINJAI

suluhsumatera : Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Binjai kembali menggelar razia masker di Jalan Gatot Subroto Kota Binjai, Selasa (01/09/2020).

Jumlah masyarakat yang ditindak menurun, jika dibandingkan dengan razia serupa yang digelar beberapa hari lalu.

Pada razia pertama, 91 masyarakat terjaring, 26 KTP yang ditahan, dan 65 orang dikenai sanksi lisan. Dalam razia kali ini, dari total 74 orang terjaring razia masker, 30 KTP disita dan 44 orang ditindak karena tidak membawa KTP.

"Kalau kita lihat ada peningkatan kesadaran masyarakat mengenakan masker. Bila pada razia pertama kita lakukan di Jalan Sutan Hasanuddin, sekarang kita lakukan di Jalan Gatot Subroto, jalan yang jauh lebih ramai dari lokasi razia sebelumnya, tetapi yang terjaring oleh kita lebih sedikit," kata Kepala Satpol PP Binjai, Otto Harianto, usai razia.

Otto menambahkan, GTPP Covid-19 Sumut dan Binjai akan terus melakukan kegiatan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan kepada masyarakat. 

"Setiap hari kita di sini melakukan sosialisasi. Kalau razia kita lakukan setiap hari Selasa dan Kamis, kalau waktu dan tempatnya tentu tidak kita sebarkan," ungkap Otto.

Wakil Ketua Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang, Azhar Mulyadi meminta Pemda konsisten melakukan monitoring, sosialisasi, dan pendisiplinan protokol kesehatan. 

Dengan konsistennya ketiga kegiatan tersebut, dia percaya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan semakin tinggi.

"Tindakan langsung itu menjadi pengingat masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk kebaikan kita bersama agar Covid-19 bisa kita hentikan penyebarannya di Sumut. Jadi, saya minta Gugus Tugas Provinsi dan daerah konsisten melakukan monitoring, sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan," sebut Azhar.

Salah seorang warga yang terjaring razia, Sutini asal Kab. Langkat, mengatakan belum mengetahui adanya razia masker. 

Namun, dia mengakui tidak mengenakan masker bisa membantu penyebaran Covid-19 ke lingkungannya.

"Saya kan dari luar daerah, tidak tahu ada razia-razia seperti ini, jadi tidak membawa masker. Tapi setelah kena razia saya dan keluarga akan terus ingat keluar rumah harus pakai masker. Kalau tidak pakai masker, kena Covid -19, di kota bisa dibawa ke kampung, itu bahaya," ujar Sutini.

Usai melakukan razia masker di Binjai, Satgas Pengendalian Pendisplinan Protokol Kesehatan Mebidang melakukan kegiatan sosialisasi di Pasar Bakti, Kec. Medan Area Kota Medan. (*)

KOMENTAR