--> Hari Batik Nasional, Pendamping Desa di Labusel Naikkan Layangan Batik | suluh sumatera

Hari Batik Nasional, Pendamping Desa di Labusel Naikkan Layangan Batik

Bagikan:

Hari Batik Nasional, Pendamping Desa di Labusel Naikkan Layangan Batik



KOTAPINANG


suluhsumatera : Sejumlah Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa Kab. Labusel, Selasa (06/10/2020) sore, menaikkan layang-layang di Lapangan SB3, Kel. Kotapinang, Kec. Kotapinang.


Uniknya, layang-layang yang diterbangkan pada Gebyar Layang-layang Batik (Gelatik) Tahun 2020 dengan tema Dari Pendamping Desa, Untuk Indonesia itu, tidak biasa, karena memiliki motif batik. 


Layang-layang batik dengan ragam motif cantik itu pun diterbangkan oleh para pendamping desa yang juga kompak mengenakan seragam batik.


Salah seorang TPP Kementerian Desa Kab. Labusel, Azmi Perkasa Daulay mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) RI. 


Menurutnya, cukup sulit menerbangkan layang-layang di wilayah tersebut, karena kondisi cuaca yang saat ini memasuki musim penghujan.


"Kegiatannya berhasil. Ini sebagai cara dan kejutan dalam memperingati Hari Batik Nasional," ungkap Azmi.


Agus Darmawan, TPP Kementerian Desa lainnya mengatakan, pada kegiatan itu telah berhasil dipecahkan Rekor MURI dalam kategori Siaran Langsung Menerbangkan Layang-Layang secara Daring di Tempat Terbanyak. 


Menurutnya, kegiatan ini merupakan momentum bagus, karena Batik tidak belum hilang dari bumi nusantara.


"Sebab batik merupakan warisan nenek moyang yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Peninggalan Budaya Dunia Tak Benda, karena miliki filosofi sangat mendalam," pungkasnya. (*/sya)

KOMENTAR