--> Istalul Harahap: KP-Spam Kunci Sukses Pamsimas Berkesinambungan | suluh sumatera

Istalul Harahap: KP-Spam Kunci Sukses Pamsimas Berkesinambungan

Bagikan:

Istalul Harahap: KP-Spam Kunci Sukses Pamsimas Berkesinambungan



LABUHANBATU SELATAN


suluhsumatera : Fasilitator Senior Pamsimas Kab. Labusel, Istaulal Harahap menyatakan, Kelompok Pengurus Sistem Pengelolaaan Air Minum (KP-SPAM) merupakan kunci sukses program nasional Pamsimas secara berkesinambungan.


Hal itu disampaikan Istaulal didampingi Fasilitator Teknik Lufthi Harahap, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Vera Sihombing, dan JR Marbun saat pelatihan KP-Spam KKM Asahan Asri di Dusun Asahan, Desa Aek Batu, Kec. Torgamba, Rabu (30/09/2020).


"Setelah pengeboran air dan pembangunan menara selesai, selanjutnya Pamsimas dikelola oleh KP-SPAM," ungkap Istaulal.


Lebih lanjut ia menambahkan, KP-SPAM ini bergerak mengelola dan pemeliharaan dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Aek Batu. 


Disebutkan, hadirnya KP-SPAM merupakan wujud partisipasi dan tanggung jawab masyarakat dalam mengelola sarana yang telah dibangun melalui program Pamsimas.


"KP-SPAM harus memastikan keberlanjutan program dan menjadi mitra pemerintah desa dalam memberikan pelayanan dasar air minum secara berkelanjutan, peran KP-SPAMS sangat penting dalam mendukung akses universal air minum dan sanitasi di Desa Aek Batu, khususnya Dusun Asahan," jelasnya.


Terpisah, District Project Management Unit Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (DPMU Pamsimas) Labusel, Thiophil Callandrina Pane mengatakan, program Pamsimas merupakan pintu masuknya bantuan pada bidang air. 


Karena kat dia, desa yang sudah masuk Pamsimas dan dikelola secara baik oleh KP-SPAM, nantinya dapat diusulkan untuk mendapat bantuan Hibah Insentif Desa (HID), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan lain sebagainya. (jr)

KOMENTAR