--> APK dan BK Terpasang Semeraut Di Jalan, Warga Asahan Mulai Resah | suluh sumatera

APK dan BK Terpasang Semeraut Di Jalan, Warga Asahan Mulai Resah

Bagikan:

APK dan BK Terpasang Semeraut Di Jalan, Warga Asahan Mulai Resah

Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Siambaton. Foto: suluhsumatera/istimewa.

KISARAN


suluhsumatera : Maraknya Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) milik Pasang Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Asahan yang terpasang semeraut di sejumlah ruas jalan yang ada di berbagai kecamatan di Kab. Asahan, mulai meresahkan warga.


Pasalnya, APK dan BK yang terpasang di sejumlah jalanan tampak semeraut, kumuh, dan ditempel di seluruh pohon menggunakan paku dan tali.


"Sejak memasuki masa kampanye saya lihat banyak sekali APK dan BK yang terpasang semeraut di sejumlah jalanan. Bahkan, ada lagi poster yang ditempel di pohon mengunakan paku," ujar salah seorang warga, Heri Amri, Selasa (3/11/2020), di Kisaran.


Ironisnya kata Heri, APK dan BK yang dipasang terlihat asal pasang dan kerap terjatuh, sehingga menggangu pengendara yang melintas.


"Saya pernah nyaris jatuh dari sepeda motor ketika mau pulang ke rumah, karena ada spanduk Paslon yang putus talinya mengenai saya saat tertiup angin. Untung saja saya bisa menghindar dan tidak apa-apa,"'sebut Heri.


Terpisah, Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Siambaton ketika dikonfirmasi, Selasa (3/11/2020), mengaku akan menertibkan APK yang menyalahi aturan tersebut dan akan berkoordinasi dengan Satpol PP Asahan.


"Jika APK dan BK yang terpasang tidak sesuai ketentuan akan kami tertibkan. Bawaslu sudah koordinasi dengan Satpol PP, karena yang berwenang melakukan penertiban adalah personel Satpol PP. Bawaslu hanya memberikan rekomendasi," tegas Khomaidi.


Dikatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan KPU Asahan mengenai APK milik Paslon yang terpasang menyalahi aturan tersebut.


Untuk itu sambung Khomaedi, secepatnya mereka akan koordinasi supaya KPU Asahan segera menyurati tim kampanye Paslon.


Harapannya, tim kampanye langsung menurunkan APK yang melanggar aturan di seluruh wilayah Kab. Asahan, termasuk yang terpasang di batang pohon di kawasan Jalan Tusam, Kisaran. (dri)

KOMENTAR