--> Desa Sungai Kuning Kuansing Jadi Lokasi Penanaman Jagung SantanNU dan Jaga Kampung Polda Riau | suluh sumatera

Desa Sungai Kuning Kuansing Jadi Lokasi Penanaman Jagung SantanNU dan Jaga Kampung Polda Riau

Bagikan:

Desa Sungai Kuning Kuansing Jadi Lokasi Penanaman Jagung SantanNU dan Jaga Kampung Polda Riau


KUANSING


suluhsumatera : Ketua Umum DPP Santri Tani Nusantara (SantanNU), Rusli Ahmad didampingi Bendahara Umum, Alexander Pranoto mengunjungi lokasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Sungai Kuning, Kec. Singingi, Kab. Kuansing.


Kunjungan tersebut untuk melihat lahan seluas 300 hektare yang bakal ditanami jagung.

Program penanaman jagung itu sejalan dengan program ketahanan pangan dan jaga kampung yang sedang digalakkan pemerintahan Presiden, Joko Widodo.


Dalam kunjungan tersebut, DPP SantanNU diterima langsung Kepala Desa Sungai Kuning Jumadi, Ketua KUD Pratama Jaya Sujarwo, dan Sekretaris Tugiman. 


Tampak juga saat itu Camat Singingi Deflidea Gusni dan Kapolsek Singingi AKP. Ardisyah Mursyid, SH.


Menurut Rusli Ahmad, kunjungan ini sebagai tindak lanjut pembicaraan sebelumnya dengan pengurus Koperasi Pratama Jaya di Pekanbaru.


Dalam pertemuan tersebut dijelaskan, saat ini di tengah pelaksanaan program PSR, para petani berharap dapat dilaksanakan kegiatan tanaman sela.


"Menyambut baik harapan petani tersebut, maka kita dari SantanNU bersedia bekerja sama dalam kegiatan tanaman sela itu. Kita koordinasi dengan Kapolda Riau yang punya program jaga kampung ketahanan pangan dan ternyata juga mendapat respon positif," jelas Rusli.


Karena itu, kedatangan pengurus SantanNU ke Desa Sungai Kuning sambungnya, untuk meninjau lokasi yang akan ditanami, sekaligus musyawarah dengan petani pemilik lahan program PSR.


Rencananya, lahan yang akan ditanami jagung itu seluas 300 hektare. Untuk tahap pertama, lahan yang sudah siap tanam seluas 50 hektare.


"Kita harapkan pak Kapolda Riau nantinya bisa hadir langsung untuk melakukan penanaman perdana tanaman jagung sekaligus penanaman sawit perdana program PSR di Kec. Singingi ini," jelasnya.


Kepala Desa Sungai Kuning, Jumadi mengaku sangat berterima kasih kepada SantanNU dan Polda Riau yang peduli dengan desa yang dipimpinnya. 


"Dengan adanya program PSR yang disinergikan dengan menanam bibit jaging dan Jaga Kampung Polda Riau, bisa membantu perekonomian masayarakat desa," sebutnya.


Selain mengunjungi lahan PSR untuk penanaman jagung, pengurus SantanNU juga memenuhi undangan silaturahmi dengan Kapolres Kuansing, AKBP. Hengki Purwanto di Mapolres Kuansing. 


Dalam pertemuan itu, Kapolres menyatakan siap membantu dan mendukung kelancaran program Jaga Kampung Ketahanan Pangan di lahan PSR Kec. Singingi itu.


Kapolres juga berpesan kepada para pengurus KUD di Kec. Singingi dan Kec. Singingi Hilir, agar bekerja sungguh-sungguh dalam mensukseskan program PSR di daerah itu.


"PSR ini merupakan program yang sangat baik, jadi jangan disia-siakan, apa lagi dihambat dalam pelaksanaannya. Apa lagi jika disinergikan dengan program ketahanan pangan yang sangat strategis di masa pandemi ini," pungkasnya. (wan)

KOMENTAR