--> Mahasiswa KKN 285 Universitas Malikussaleh Ajarkan Membuat Hand Sanitizer kepada Warga di Pasaman Barat | suluh sumatera

Mahasiswa KKN 285 Universitas Malikussaleh Ajarkan Membuat Hand Sanitizer kepada Warga di Pasaman Barat

Bagikan:

Mahasiswa KKN 285 Universitas Malikussaleh Ajarkan Membuat Hand Sanitizer kepada Warga di Pasaman Barat


PASAMAN BARAT


suluhsumatera : Kelompok Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh, Kelompok 285 memberikan tutorial kepada warga membuat hand sanitizer secara mudah dan murah, sebagai salah satu program dalam pencegahan penyebaran Covid-19.


Kegiatan itu dilakukan mahasiswa KKN Kelompok 285 Skema Pencegahan Penyebaran Covid-19, dengan membuat tutorial hand sanitizer lidah buaya secara mudah dan bermanfaat bagi masyarakat.


Muhammad Vio Sofyan, Sabtu (14/11/2020) mengatakan, pembuatan tutorial hand sanitizer diadakan di Taman depan Kantor Camat Batahan di Ranah Batahan, Kab. Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).


Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat cara membuat dan mempraktikkan hand sanitizer di rumah masing-masing.


Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN itu diantaranya, Muhammad Vio Sofyan dari jurusan Ilmu Politik, Syarif Amin dari jurusan Psikologi, Ali imran dari jurusan Teknik Elektro, Risnita Lekna Jaya dari jurusan Administrasi Publik, Krisdayanti dari jurusan Hukum, dan Nursahida dari jurusan Administrasi Bisnis.


Tambah Muhammad, maraknya wabah Covid-19 ini sulut sekali menemukan hand sanitizer di pasaran, jikapun ada pasti harganya mahal.


Sementara kata dia menggunakan hand sanitizer sangat penting, agar merasa aman beraktifitas di luar rumah dan di tempat umum, kantor, dan sebagainya.


"Untuk itu kami kelompok KKN 285 mengajak untuk membuat Handsanitizer dengan cara mudah, murah, dan menggunakan alat serta bahan juga cara membuat. Adapun alat yang kami gunakan yaitu, pisau, mangkok, sendok, botol bekas, saringan, dan plastik tempat sampah. Sedangkan bahan yang digunakan, lidah buaya, alkohol 70 persen, dan jeruk nipis," terang Muhammad yang juga sebagai Ketua KKN Kelompok 285.


Adapun cara dan langkah membuatnya yakni, potong dan kupas kulit lidah buaya menggunakan pisau, kupas kulit lidah buaya dan kerok bagian dalam isi lidah buaya menggunakan sendok, haluskan/blend lidah buaya menggunakan sendok, tiriskan lidah buaya yang sudah dihaluskan menggunakan saringan bertujuan untuk memisahkan air dengan serat lidah buaya yang masih kasar, dan campurkan lidah buaya dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau tidak sedap dari lidah buaya.


Setelah itu masukkan alkohol 70 persen ke dalam botol bekas, masukkan lidah buaya yang sudah dihaluskan serta sudah disaring, dan yang campur jeruk nipis, setelah itu aduk lalu selesai.


"Salah satu program KKN kami membuat tutorial hand sanitizer dengan cara mudah dan bermanfaat bagi masyarakat di Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat. Kami juga bertujuan mengedukasi masyarakat membuat tutorial cara pembuatan hand sanitizer secara mudah tanpa ribet juga bermanfaat bagi banyak orang," terang Muhammad didampingi anggota KKN.


Sementara itu, Dosen pembimbing KKN, Mursalin, SPd, MPd menyatakan, sangat mendukung dengan apa yang dilakukan mahasiswanya.


"Kita berharap dengan dilakukannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada warga setempat di tengah pandemi seperti ini," ujar Mursalin. (*/sya)

KOMENTAR