--> Mahasiswa KKN Unimal Edukasi Warga Torgamba Labusel Buat Sabun Cuci Piring | suluh sumatera

Mahasiswa KKN Unimal Edukasi Warga Torgamba Labusel Buat Sabun Cuci Piring

Bagikan:

Mahasiswa KKN Unimal Edukasi Warga Torgamba Labusel Buat Sabun Cuci Piring


TORGAMBA


suluhsumatera : Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Balik Kampung (KKN-BK) di Kab. Labusel, memberikan edukasi kepada ibu-ibu pengajian di Desa Persiapan Sumberjo, Kec. Torgamba, tentang cara pembuatan sabun cuci piring, Kamis (12/11/2020).


Sebanyak lima mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 204 itu masing-masing, Baginda Sulaiman Harahap (Sistem Informasi), Suhendra (Antropologi), Satria Pati Alam (Teknik Informatika), Cindy Masniari Hutabarat (Agribisnis), dan Cindy Afliani Siregar (Teknik Industri).


Mahasiswa yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Hasan Basri, SH, MH itu mengajarkan ibu-ibu pengajian cara pembuatan sabun cuci piring serta melakukan pembagian sabun cuci piring kepada warga.


Ibu-ibu pengajian itu pun cukup antusias selama edukasi berlangsung. Mereka serius mendengarkan penjelasan mahasiswa tentang proses dan tata cara pembuatan sabun cuci piring.


"Sebelum melaksanakan edukasi pembuatan sabun cuci piring, anggota kelompok terlebih dahulu meminta izin kepada ketua perwiritan," kata Suhendra kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).


Pada edukasi itu kata dia, mereka langsung memperaktekkan cara membuat sabun cuci piring dengan terlebih dulu memberitahukan bahan dan alat yang dibutuhkan, diantaranya ember besar dan dua batang kayu.


Sedangkan bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari, garam (NaCl), asam sulfat, texafon, pewarna, pewangi, dan air secukupnya.


Mereka berharap, kedepannya ibu-ibu di Desa Persiapan Sumberjo mampu memproduksi sabun cuci piring sendiri, untuk menghemat pengeluaran dan dapat menjadikannya sebagai usaha dalam menambahan penghasilan keluarga.


Sementara itu Kepala Desa Persiapan Sumberjo, Tabroni Tambak mengapresiasi kegiatan mahasiswa yang melaksanakan KKN-BK di desanya. 


Ia sangat bersyukur para mahasiswa telah bersedia mengedukasi ibu-ibu warga desa untuk membuat sabun cuci piring.


"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik mahasiswa Malikussaleh, karena telah membagikan ilmu dalam membuat sabun cuci piring kepada ibu-ibu perwiritan di desa ini," kata Tabroni. (afa)

KOMENTAR