--> SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa | suluh sumatera

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa

Bagikan:

SMP Muhammadiyah 6 Padang Ukir Prestasi Lewat Pembinaan Bakat Siswa


PADANG


suluhsumatera : Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Padang termasuk salah satu sekolah yang diperhitungkan di Sumatera Barat, karena prestasi yang diraih oleh para siswanya di berbagai ajang perlombaan. 


Selain membekali dengan ilmu agama, sekolah ini juga membina dan menyalurkan bakat dan keterampilan para siswa.


Kepala SMP Muhammadiyah 6 Padang, Hj. Suharti, SPd saat diwawancarai, Selasa (24/11/2020) di kantornya mengatakan, pengembangan bakat dan keterampilan yang mereka berikan kepada para siswa adalah salah satu strategi pembelajaran yang telah diterapkan. 


Mereka menyadari, siswa-siswa SMP berada di usia pancaroba, mereka dalam proses pencarian jati dirinya dan butuh pengakuan dan perhatian. 


Dengan mengasah dan menyalurkan bakat serta keterampilan yang mereka miliki kata dia, waktu mereka jadi terisi dengan kegiatan positif, untuk menjauhkan dari kenakalan, agar tidak terjerumus pada perilaku negatif.


Dikatakan, SMP Muhammadiyah 6 Padang telah berhasil meraih juara di berbagai ajang perlombaan seperti, Story Telling, Gerak Jalan Tepat Waktu, Pencak Silat, Futsal, Festival Seni, Drum Kompetisi, Tapak Suci, Musabaqoh Syarhil Qur'an, Lagu Religi, dan lainnya.


Suharti juga mengatakan, prestasi-prestasi yang diraih SMP Muhammadiyah 6 Padang merupakan hasil pembinaan yang mereka lakukan secara berkesinambungan. 


Para guru di sekolah tersebut konsisten membekali dan mengasah bakat dan keterampilan para siswa, dengan pendekatan secara individual membuat para siswa persisten mengembangkan bakat mereka, dan juga atas dukungan dari para orangtua siswa.


"Para orang tua telah mengamanahkan anak-anak mereka untuk bersekolah di sekolah kami. Kami sebagai tenaga pendidik ingin membalas kepercayaan yang diberikan dengan prestasi yang dilahirkan oleh anak mereka, demi mengharumkan nama sekolah dan membuat orangtua mereka bangga," kata Suharti.



Lebih lanjut Suharti mengatakan, dengan pembinaan bakat dan keterampilan para siswa, tidak hanya melahirkan prestasi di berbagai ajang perlombaan, tapi juga mendorong siswa untuk berprestasi di mata pelajaran. 


Bagi siswa yang meraih juara umum setiap menerima rapor di sekolah lanjut dia, selain piala juga diberi hadiah berupa bebas uang sekolah sesuai kebijakan yang ditetapkan.


Suharti berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, agar para siswa dapat belajar lagi seperti biasa melalui tatap muka, supaya proses belajar mengajar dapat berjalan efektif kembali, dan program-program pembelajaran lebih dapat diimplementasikan sesuai dengan yang diekspektasikan. (fad)

KOMENTAR