--> Bupati Labuhanbatu Resmikan Pembukaan Turnamen Gasing Tradisional | suluh sumatera

Bupati Labuhanbatu Resmikan Pembukaan Turnamen Gasing Tradisional

Bagikan:

Bupati Labuhanbatu Resmikan Pembukaan Turnamen Gasing Tradisional


LABUHANBATU


suluhsumatera : Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT mengajak masyarakat melestarikan permainan tradisional.


Hal tersebut disampaikan Andi ketika membuka turnamen gasing lokal di Desa Cinta Makmur, Kec. Panai Hulu, Kab. Labuhanbatu, kemarin (22/12/2020).


Dikatakan, perkembangan zaman dan teknologi, saat ini segala sesuatu yang berbentuk tradisional akan semakin tertinggal, karena anak-anak sekarang lebih mengenal dan asik dengan gadget ketimbang permainan peninggalan leluhur yang lebih mengasosiasikan.


"Gasing adalah salah satu permainan tradisional yang sangat mengasikkan. Ini adalah kali kedua turnamen ini digelar di Desa Cinta Makmur, saya berharap permainan ini akan terus bisa bertahan dan dipertahankan, jangan sampai hilang ditelan zaman yang semakin canggih," ucap Andi.


Dia berpesan kepada seluruh peserta turnamen untuk sebisa mungkin meningkatkan kwalitas permainannya.


"Saya akan buat turnamen gasing untuk memperebutkan Piala Bupati, dari itu tingkatkanlah cara dan kwalitas permainan saudara semua," timpalnya.


Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Cinta Makmur, yang telah mengikuti pesta demokrasi secara aman dan tertib.


Masih dalam kesempatan yang sama, Camat Panai Hulu, Abdul Kholik Lubis menyampaikan, akan selalu mendukung turnamen permainan tradisional gasing yang diselenggarakan masyarakat Desa Cinta Makmur.


"Turnamen gasing ini langka dan unik. Permainan ini permainan tradisional yang harus dilestarikan dan diwariskan untuk anak cucu kita di kemudian hari. Sebab, zaman sekarang permainan tradisional semakin tertinggal oleh kemajuan yang serba canggih," papar Camat memberikan supot kepada panitia turnamen.


Kepala Desa Cinta Makmur, Ego Wiharno juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kec. Panai Hulu, terkhusus Desa Cinta Makmur untuk memeriahkan budaya tradisional turnamen gasing yang bernilai tinggi tersebut.


"Mari kita tuangkan dan kita tumbuh-kembangkan potensi budaya-budaya yang ada, seperti permainan gasing.

Menurut hemat saya, budaya tradisional permainan gasing ini bernilai tingg," sebutnya.


Usai membuka turnamen tersebut, Bupati Labuhanbatu mendapatkan upah-upah dan doa selamat dari warga sekitar atas perolehan suara terbanyak pada Pilkada 9 Desember lalu, di rumah salah seorang tokoh masyarakat Desa Cinta Makmur. (azhari)

KOMENTAR