--> 420 Vaksinator Disiapkan Pemkab Simalungun Untuk Vaksinisasi Covid-19 | suluh sumatera

420 Vaksinator Disiapkan Pemkab Simalungun Untuk Vaksinisasi Covid-19

Bagikan:

420 Vaksinator Disiapkan Pemkab Simalungun Untuk Vaksinisasi Covid-19

Bupati Simalungun, JR. Saragih, bersama Muspida Simalungun pada Rapat Koordinasi Sosialisasi Kesiapan Penyaluran Vaksin Sinovac, Senin (11/1/2021), di Simalungun City, Kec. Pamatang Raya. Foto: suluhsumatera/istimewa.

SIMALUNGUN


suluhsumatera : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun telah menyiapkan 420 vaksinator yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh warga yang ada di Kab. Simalungun, yang pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap. 


Bupati Simalungun, JR. Saragih pada rapat koordinasi sosialisasi kesiapan penyaluran Vaksin Sinovac, Senin (11/1/2021), di Simalungun City, Kec. Pamatang Raya, Kab. Simlaungun, mengatakan, akan memberdayakan 420 tenaga medis yang ada di Kab. Simalungun, untuk menjadi vaksinator kepada masyarakat.


Bupati JR. Saragih menjelaskan, pada pelaksanaan vaksinasi ini nantinya, Pemkab Simalungun akan bersinergi dengan kepolisian dan TNI, yakni Polres Simalungun dan Kodim 0207 Simalungun.


Sebelum dilakukan vaksinasi ini, Pemkab Simalungun akan melakukan pendataan untuk menentukan jumlah dan warga penerima vaksin, sesuai kriteria yang telah ditentukan, yakni warga yang  tidak memiliki penyakit penyerta.


JR. Saragih mengatakan, tahap awal vaksinisasi ini dilakukan kepada tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan di Puskesmas dan secara umum akan dilakukan setiap nagori (desa) serta kelurahan yang ada di Kab. Simalungun. 


Bupati JR Saragih optimis akan keampuhan vaksin yang merupakan antibodi untuk melawan penyakit serta menyelamatkan dari virus Corona.


Dia pun menyatakan kesediaan untuk divaksin yang pertama, sebagaimana Presiden dan Gubernur yang juga bersedia untuk divaksin lebih dahulu.


"Jangan takut, tidak perlu khawatir dengan kehalalan dan efek samping, setiap vaksin punya efek samping, seperti cacar," papar Bupati.


Rapat koordinasi sosialisasi kesiapan penyaluran vaksin Sinovac ini dihadiri unsur Forkopimda Simalungun, yakni Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Kapolres AKBP. Agus Waluyo serta para pejabat Pemkab Simalungun, seperti Sekretaris Daerah Mixnon Andreas Simamora, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Ueki Fritz Prapanca Damanik, Kepala Dinas Kesehatan dr. Lidya Saragih. (syahru)

KOMENTAR