--> Forkompinda Paluta Gelar Rapat Koordinasi Bahas Penanganan Covid-19 Tahun 2021 | suluh sumatera

Forkompinda Paluta Gelar Rapat Koordinasi Bahas Penanganan Covid-19 Tahun 2021

Bagikan:

Forkompinda Paluta Gelar Rapat Koordinasi Bahas Penanganan Covid-19 Tahun 2021


GUNUNG TUA


suluhsumatera : Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Rapat Koordinasi tentang penanganan Covid-19 di Kantor Bupati, Selasa (19/01/2021).


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Paluta, Lairar Rusdi Nasution kepada wartawan melalui Siaran Pers Nomor : 3/PLU/I/2021.


Pada kegiatan itu, Bupati Paluta, Andar Amin Harahap memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polri, khususnya Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Polres Tapsel) atas pelaksanaan Operasi Aman Nusa dan pembentukan Kampung Tangguh di Kab. Paluta.


Dikatakan, Pemkab Paluta mendukung penuh upaya yang dilakukan Polres Tapsel.

Menurutnya dengan adanya kampung tangguh dan pos aktif akan mempermudah pemantauan tahapan persiapan vaksinasi Covid-19.


"Terima kasih kami ucapkan kepada TNI-Polri serta kejaksaan atas kesiapan dalam mengawal dan mengamankan seluruh tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kab. Paluta nantinya," ujar Bupati.


Disebutkan, Pemkab Paluta akan mensosialisasikan kembali Peraturan Bupati Nomor 41 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Covid -19. 


Masyarakat diwajibkan memakai masker jika keluar rumah atau pergian, membiasakan cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian serta kerumunan.


"Setelah dilaksanakan sosialisasi, Pemkab Paluta dengan dukungan dari semua pihak seperti MUI dan FKU akan lebih tegas dalam menerapkan Perbup tersebut," paparnya.


Pada kesempatn yang sama Kapolres Tapsel, AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SIK mengatakan, dalam penanganan Covid-19 Polri telah melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat yaitu Operasi Aman Nusa yang saat ini sudah memasuki Operasi Aman Nusa II Tahap 7.


Dikatakan, Polri bekerja sama dengan TNI dan Pemda sedang melaksanakan Operasi Yustisi, guna memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 


"Data pasien terpapar Covid-19 di Kab. Paluta relatif kecil, namun kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus Covid-19. Berharap kepada seluruh pihak terkait lebih giat memberikan imbauan serta mensosialisasikan segala keputusan, peraturan, dan instruksi dari pemerintah terkait penanganan Covid-19 ini kepada masyarakat," timpal Kapolres. 


Senada dengan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Paluta, Kurniawan, SH, MH, turut memberikan apresiasi terhadap Polri atas adanya Kampung Tangguh.


Dikatakan, dengan adanya Kampung Tangguh tersebut, akan mempermudah pendataan terhadap warga yang keluar masuk ke suatu daerah. 


"Kejari Paluta mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini. Diharapkan, dalam pelaksanaanya semua pihak terkait sudah mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan hal tersebut," sebut Kajari.


Sementara itu, Dandim 0212/TS diwakili Perwira Penghubung (Pabung) Paluta, Mayor ARM. Hasran Harahap menyampaikan, TNI siap mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, khususnya di Kab. Paluta, dengan melaksanakan sosialisasi melalui Babinsa ke seluruh lapisan masyarakat serta siap mengawal pelaksanaannya.


"Supaya kita lebih bijak menanggapi berita hoaks yang muncul pasca pelaksanaan vaksin Covid-19, khususnya terhadap berita-berita yang ada di media sosial," tegasnya. (raja/ril)

KOMENTAR