--> Kapolres Palas Serahkan Piagam Penghargaan Desa Tangguh Kepada Kades Ujung Batu I | suluh sumatera

Kapolres Palas Serahkan Piagam Penghargaan Desa Tangguh Kepada Kades Ujung Batu I

Bagikan:

Kapolres Palas Serahkan Piagam Penghargaan Desa Tangguh Kepada Kades Ujung Batu I


PADANG LAWAS


suluhsumatera : Kapolres Padang Lawas (Palas), AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK menyerahkan piagam penghargaan sebagai desa tangguh terbaik I, kepada Kepala Desa Ujung Batu I, Kec. Hutaraja Tinggi (Huragi), Hasan Basri.


Penyerahan piagam penghargaan itu digelar, Kamis (14/01/2020) lalu, di Desa Ujung Batu I, Kec. Huragi, yang terpilih sebagai terbaik pertama untuk perlombaan desa tangguh dari 303 desa yang ada di Kab. Palas.


Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri, Minggu (17/01/2021) menjelaskan, desanya mendapat peringkat I untuk perlombaan desa tangguh setelah mendapat kunjungan tim penilai dari Polda Sumatera Utara.


"Alhamdulillah Desa Ujung Batu I mendapat peringkat pertama dari 303 Desa yang ada di Kab. Palas," ucap Kades.


Desa Ujung Batu I pada dasarnya selalu siap siaga dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona semenjak virus tersebut melanda dunia.



"Kami mendirikan posko Covid-19, di segala sudut desa tempat keluar masuk warga," jelasnya.


Setiap warga yang beraktivitas keluar desa diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, dan ditest suhu tubuhnya.


"Apa bila warga masuk ke desa menggunakan kendaraan, maka kendaraan tersebut dilakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan," ucapnya.


Pemerintah Desa Ujung Batu I juga menyediakan tempat isolasi bagi warga yang baru pulang dari daerah lain bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, dalam hal ini Puskesmas Ujung Batu I.


"Sehingga masyarakat Desa Ujung Batu I benar-benar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," katanya.


Dengan kesadaran bersama untuk menjalankan protokol kesehatan, sehingga sampai saat ini belum ada warga desanya yang terpapar Covid-19.


Khusus untuk ketahanan pangan, Pemerintah Desa Ujung Batu I bekerja sama dengan perusahaan PT. VAL dalam pemberdayaan masyarakat, dengan membuat pertenakan ikan lele.


"Perusahaan PT. VAL memberikan bibit ikan lele sebanyak 28 ribu ekor, untuk dikelola oleh warga desa dalam membantu untuk meningkatkan ekonomi ditengah pandemi Covid-19," jelasnya.


Untuk menjaga keamanan desa sudah didirikan 14 Pos Kamlimg dan semuanya aktif.


"Dengan lengkapnya semua faktor yang menjadi syarat untuk desa tangguh, sehingga Desa Ujung Batu I wajar mendapat peringkat pertama," ujarnya.


Saat ini Pemerintah Desa Ujung Batu I menargetkan menjadi desa wisata. Sebab saat ini desa telah memiliki tempat wisata keluarga berupa Water Park Risky.


"Mudah-mudahan dengan dukungan semua masyarakat dan pihak terkait, juga kerja sama dengan perusahaan yang ada di sekitar desa, semuanya dapat terlaksana dengan baik nantinya," harapnya. (sutan)

KOMENTAR