--> 5 Dosen Prodi Bahasa Inggris UGN Padangsidimpuan PKM ke Ponpes | suluh sumatera

5 Dosen Prodi Bahasa Inggris UGN Padangsidimpuan PKM ke Ponpes

Bagikan:

5 Dosen Prodi Bahasa Inggris UGN Padangsidimpuan PKM ke Ponpes


PADANGSIDIMPUAN


suluhsumatera : Lima Dosen Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di dua pondok pesantren.


Tepatnya di Madarasah Aliyah Ponpes Darul Mursydi di Desa Sialogo, Kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru dan Madrasah Tsanawiyah Ponpes Al-Shoulatiyah di Desa Bargot Topong, Kec. Padangsidimpuan Batu Nadua.


Adapun kelima dosen tersebut, Erni Rawati Sibuea, MSi, Rini Kesuma Siregar, MPd, Rosni Harahap, MPd, Nursaima, MHum, dan Lisa Fitri Meidipa, MHum.


"Kegiatan ini dilakukan selain dari pada salah satu bagian Tri Dharma Peguruan Tinggi yaitu, pengadian kepada masyarakat, juga menjalankan amanat Pembukaan UUD 45, mencerdaskan kehidupan bangsa," ujar Erni Sibuea, Minggu (17/01/2021).


Disebutkan, pembelajaran itu sudah berlangsung dari Juli sampai dengan Desember 2020, namun dikarenakan masa pandemi serta tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga melorot, hingga Januari 2021.


"Belajar yang kita lakukan dengan pembagian  sift kepada siswa, misal dalam satu kelas 30 orang, maka kita bagi jadi 10 siswa yang boleh masuk, kemudian yang sisanya minggu depan dan begitu berikutnya, sehingga itulah penyebabnya melorotnya jadwal kegiatan itu," ungkapnya.


Erni juga menyebutkan, setiap siswa yang masuk harus mencuci tangan, memakai masker dan selalu menjaga jarak.


Lebih lanjut, Rini Siregar menambahkan,

tujuan PKM pembelajaran yang diberikan adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa di Ponpes dalam berbahasa Inggris melalui pronounciation (pengucapan), speaking (berbicara), dan memperkaya kosa kata (vocabulary).


"Itulah yang kita upayakan untuk mereka yang jauh dari kota dengan akses jalan yang rusak, agar nantinya walaupun sekolahnya di Ponpes, tidak ketinggalan dari sekolah lainnya dalam hal bebahasa Inggris," katanya.


Sementara itu, Kepala Sekolah Ponpes Darul Mursydi, Nursaimatul Kiftiah Rambe, SPdi mengucapkan terima kasih atas kegiatan PKM tersebut.


"Semoga kerja sama ini bisa kita jalin diwaktu berikutnya dan mari kita sama-sama mendoakan agar sekolah ini maju berkembang sesuai dengan harapan," ucapnya. (baginda)

KOMENTAR