--> Mantapkan Harkamtibmas, Polres Rohil Gelar Patroli | suluh sumatera

Mantapkan Harkamtibmas, Polres Rohil Gelar Patroli

Bagikan:

Mantapkan Harkamtibmas, Polres Rohil Gelar Patroli


BANGKO PUSAKO


suluhsumatera : Sabhara Polres Rohil menggelar patroli R4 untuk memantapkan Harkamtibmas, Jumat (8/1/2021).


Sebanyak lima personel Sabhara Polres Rohil diturunkan untuk melakukan Patroli R4 di areal perkebunan kelapa sawit di Bangko Langkat, Seruni, Kepenghuluan Pematang, Kec. Bangko Pusako. 


Personel Sabhara Polres Rohil berpatroli dengan mendatangi areal perkebunan kelapa sawit yang dipersengketakan antara 46 KK warga dengan wanita berinisial TM.


Petugas mendatangi barak Jack Marpaung yang ditempati warga dan berdialog dengan Tampubolon sebagai salah seorang pemilik kebun kelapa sawit tentang permasalahan tersebut.


Diperoleh informasi, bahwa sejak malam, ada sekira 20 orang dan mengaku suruhan TM memasuki lahan dan menempati barak yang dimiliki Tampubolon dan Kondar Napitupulu.


Kelompok orang suruhan TN tersebut melarang warga yang menguasai kebun kelapa sawit untuk bekerja dan jumlah warga masyarakat yang mempunyai lahan di daerah tersebut sekira 46 KK dengan luas lahan kurang lebih 300 hektare.


Atas peristiwa itu, maka tim patroli mengimbau warga untuk tidak menambah masalah dan saling menahan diri dari emosi berlebihan, supaya tidak bentrok atau kontak fisik yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 


Supaya permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan musyawarah atau melalui jalur hukum, selanjutnya tim patroli mendatangi barak yang ditempati orang suruhan TN yang berjarak sekira 100 meter dari barak yang ditempati warga.


Petugas bertemu dengan Adi Dermawan selaku pengacara TN dan Yahya selaku Humas, dengan informasi bahwa mereka datang dari Pekanbaru menggunakan truk sebanyak 17 orang atas suruhan TN, untuk menguasai lahan perkebunan tersebut, karena di areal itu, TN memiliki lahan seluas 500 Ha dan telah dipasang plang pertanda kepemilikan lahan.


Tim patroli mengimbau kepada pengacara dan humas TN supaya menahan diri dengan tidak memprovokasi warga masyarakat, agar tidak terjadi bentrok atau kontak fisik.


Petugas mengharapkan agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara musyawarah atau melalui jalur hukum.


Selanjutnya tim patroli memberikan nomor telepon dan meminta apa bila adanya kejadian yang tidak diinginkan agar segera menghubungi pihak aparat desa dan kepolisian ke call center 110. 


Kapolres Rohil, AKBP. Nurhadi Ismanto Ismanto, SH, SIK melalui Kasubbag Humas, AKP. Juliandi, SH saat dikonfirmasi menjelaskan, adapun hasil yang dicapai dari dilaksanakannya patroli adalah meniadakan kemungkinan niat dan kesempatan dalam rangka mencegah timbulnya gangguan Kamtibmas.


Selanjutnya kata dia, menghadirkan polisi di tengah-tengah masyarakat, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas serta keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcar Lantas) serta memberikan kemudahan akses pelaporan masyarakat.


"Terwujudnya pemeliharaan Kamtibmas. Meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Kamtibmas, serta terwujudnya rasa aman masyarakat," pungkasnya. (yan)

KOMENTAR