--> DPC HIPKI dan HISPPI-PNF Padang Lawas Dilantik | suluh sumatera

DPC HIPKI dan HISPPI-PNF Padang Lawas Dilantik

Bagikan:

DPC HIPKI dan HISPPI-PNF Padang Lawas Dilantik


PADANG LAWAS

suluhsumatera : Ketua Umum DPD Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HiPKI) Prov. Sumatera Utara (Sumut), Mindo Indriani Napitupulu, SPd melantik pengurus DPC HIPKI Kab. Padang Lawas (Palas) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Kec. Barumun, Rabu (17/02/2021).


Kepengurusan DPC HiPKI Palas, priode 2021-2025 Diketuai Amris Pulungan, SPdI, Sekretaris Marulian Ahmad Nasution, SPd, dan Bendahara Ummi Khairani Tarigan.


Dilokasi yang sama, juga dilaksanakan pelantikan pengurus DPC Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Non Formal (HISPPI-PNF) Kab. Palas.


Ketua DPD HISPPI-PNF Prov.  Sumut, Drs. Abdul Zebar, MHum langsung melantik kepengurusan DPC HISPPI-PNF Palas yang diketuai, Aswan Rifai Tarigan, SSos, Sekretaris, Parlaungan Nasution, SPd, dan Bendahara Aulina Cahya Putri Hasibuan, AMa.


Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap (TSO) dalam sambutan yang dibacakan Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Hj Rosidawati Suriani, SPd berharap, dilantiknya kepengurusan DPC HIPKI dan DPC HISPPI PNF Kab. Palas, dapat bekerja dan berkarya pada organisasi tersebut.


"Khususnya pada bidang pemberdayaan keterampilan kursus dan pendidikan non formal yang memberi kontribusi dalam kemajuan peningkatan SDM ditengah masyarakat," katanya.


Bupati juga berpesan, pendidikan non formal mempunyai kaitan yang sangat erat dengan jalur pendidikan formal .


Untuk memberikan kesempatan bagi peserta didik yang ingin mengembangkan keterampilan pada jenis pendidikan tertentu.


Pada kesempatan itu, Rosidawati menegaskan, pendidikan non formal tidak dapat dipandang sebelah mata, karena pendidikan non formal sangat penting dalam hal penguasaan dan pengembangan keterampilan fungsional.


"Pendidikan non formal lebih berorientasi pada pendidikan yang efektif dan efesien agar peserta didik dapat belajar dengan mudah dan mencapai tujuan melalui proses yang hemat waktu dan hemat biaya," ujarnya.


"Dengan kehadiran HIPKI dan HISPPI-PNF di Kab. Palas menjadi salah satu garda terdepan untuk pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkompetensi," sebut Rosidawati.


Disisi lain, tambah Rosidawati, tujuan organisasi dikatakan berhasil jika memberi layanan pendidikan bagi masyarakat, agar memiliki kompetensi yang diperlukan dalam dunia kerja.


Selain itu, mampu merebut peluang kerja pada perusahaan atau dunia industri dengan penghasilan yang layak dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan membuka lapangan kerja sesuai dengan jenis kursus yang diikuti.


"Saya ucapkan selamat atas pelantikan DPC HIPKI dan  DPC HISPPI PNF, untuk membangun sinergitas dengan pemerintah daerah dalam membangun kemajuan Palas sejalan dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Palas mewujudkan Kab. Palas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," kata Rosidawati, seraya memberikan ucapan selamat kepada pengurus dua organisasi tersebut.


Hadir dikegiatan pelantikan tersebut, sejumlah pengurus lembaga kursus dan dewan guru dari berbagai sekolah yang berkaitan dengan pendidikan non formal. (sutan)

KOMENTAR