--> Kemenag Jalin Silaturahmi dengan PGI Kota Gunungsitoli | suluh sumatera

Kemenag Jalin Silaturahmi dengan PGI Kota Gunungsitoli

Bagikan:

Kemenag Jalin Silaturahmi dengan PGI Kota Gunungsitoli


Gunungsitoli

suluhsumatera : Safari lintas tokoh agama  Kementerian Agama (Kemenag) Kota Gunungsitoli  dengan para pendeta yang tergabung Persekutuan Gereja Indonesia (PGI), tetap mengikuti protokol kesehatan Covid 19 di Kantor Sinode PGI Kota Gunungsitoli, Selasa (16/2/2021).


Dalam kunjungan  Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan kemenag) Kota Gunungsitoli, H. Syaripuddin Daulay disambut hangat Ketua Epourus Pdt. DR. Tuhoni Telaumbnua dan Sekum PGI Pdt. Dorkas Orenti Daeli.


Sesi ramah tamah perkenalan diawali dari Epourus Pdt. DR. Tuhoni Telaumbnua, dengan seluruh jajaran pendeta lainnya.  


Kemudian dilanjutkan perkenalan dari rombongan Kementeria Agama Kota Gunungsitoli. 


Dalam acara silaturahmi itu pendeta Tuhoni, yang juga ketua Banua Niha Keriso Protestan, BNKP, Kota Gunungsitoli menyampaikan rasa kegembiraan atas kunjungan Kementerian Agama yang selama ini sudah terjadi hubungan sinergitas dan kerja sama, hanya secara kulturan baru pertama kali ini kami dikunjugi oleh Kemenag Kota Gunungsitoli.


Ia menyampaikan harapannya kepada Kementrrian Agama semakin dapat dirasakan oleh gereja-gereja yang ada di Kota Gunungsitoli dan sepanjang sejarah Kepulauan Nias, belum pernah terjadi konflik antar umat beragama sampai sekarang ini, masih tetap rukun, harmonis dan damai.


"Moderasi beragam di kota ini masih kuat sejak zaman dulu sampai sekarang," kata Ketua FKUB kota Gungsitoli itu.


Ia menambahkan, PGI yang tergabung dalam Banua Niha Keriso Protestan (BNKP), Angowulo Masehi Indonesia Nias (AMIN), Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP), Gerje Niha Kriso Protestan (GNKP) besinergi dan siap bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk mewujudkan kota yang damai.


Dalam kesemptan itu, H. Syaripuddin Daulay yang juga Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya Islam PWNU Sumut, menyampaikan kepada semua tokoh agama untuk menyampaikan konsep moderasi beragama ditengah-tengah umat, dengan memahamai secara utuh moderasi beragama kita semua harmonis, rukun dan damai, juga terhidar dari radikalisme.


Ikut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala Subbag Tata Usaha Armansyah Zebua, Kepala Seksi Urusan Agama Kristen Sawedi Zega, MPdK, Kepala seksi Pendidikan Kristen Analisa Happening, Laia, para rombongan Kemenag Gunungsitoli lainnya. (hrp)

KOMENTAR