--> Musrenbang Ujung Batu Proriitaskan Lanjutan Pembangunan Jalan Antar Desa dan Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan | suluh sumatera

Musrenbang Ujung Batu Proriitaskan Lanjutan Pembangunan Jalan Antar Desa dan Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan

Bagikan:

Musrenbang Ujung Batu Proriitaskan Lanjutan Pembangunan Jalan Antar Desa dan Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan


UJUNG BATU


suluhsumatera : Pemerintah Kecamatan Ujung Batu, Kab. Padang Lawas Utara (Paluta), menggelar Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2022 di Aula Kantor Camat setempat, Kamis (18/02/2021).


Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten II Bidang Ekbang, OPD, Unit Layanan Pengadaan, Anggota DPRD Dapil III, Sekwan, pejabat struktural kecamatan, Danramil 05/PB, Kapolsubsektor Simangambat, Kepala Desa serta perangkat se Kec. Ujung Batu, dan undangan lainnya.


Forum musyawarah tahunan pengambil kebijakan tingkat kecamatan tersebut mengusung tema "Padang Lawas Utara Mandiri" dibuka Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang).


Asisten II, Haholongan Siregar mengatakan, Pemda dalam menyusun rencana pembangunan daerah merupakan satu kesatuan yang utuh dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang dilakukan bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing.


Selain itu disebutkan, mengintegrasikan rencana pembangunan daerah dengan rencana tata ruang yang dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki daerah sesuai dinamika perkembangannya.


"Permasalahan utama Paluta tahun 2022 adalah belum meratanya kesejahteraan pada seluruh masyarakat, hal ini akan menjadi perhatian utama dalam perumusan kebijakan pembangunan," ungkapnya.


Menjawab kondisi tersebut dikatakan, rencana pembangunan difokuskan pada optimalisasi pengawasan dan pengendalian Pemda, implementasi pelaksanaan e-Goveement, meningkatkan pola hidup sehat, optimalisasi pemberdayaan perempuan dan pemuda, peningkatan produktivitas angkatan kerja, kesejahteraan petani dan peningkatan kualitas manajemen lembaga koperasi dan UMKM.


Pada kesempatan tersebut, pimpinan OPD yang hadir turut memaparkan program kerja pada bidang masing-masing.


Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Paluta, Makmur Harahap mengatakan, Program Bedah rumah tidak layak huni menjadi prioritas.


Selain itu katanya, pembangunan jalan, drainase, MCK, dan pemagaran tanah pekuburan umum dalam wilayah pemukiman.


"Dari data base yang kita miliki, rumah tidak layak huni di Paluta berjumlah 2.953 unit, Kec. Ujung Batu 178 unit dari 13 desa. Ini akan kita kerjakan secepatnya jika anggaran tidak direfocusing," paparnya. 


Pada kesempatan yang sama, Plt. Camat Ujung Batu, Budi Alamsyah Hasibuan, SE mengharapkan kepada peserta dapat menyepakati prioritas usulan hasil musrenbang desa menjadi prioritas dan menyepakati delegaai utusan yang akan mewakili kecamatan pada forum Musrenbang kabupaten. 


Setelah melalui beragam masukan dan pendapat serta usulan dari peserta musyawarah, akhirnya disepakati bahwa prioritas utama Kec. Ujung Batu yang akan dibawa pada Musrenbang kabupaten adalah lanjutan pembangunan jalan antar desa tiga titik, pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta usulan prioritas lainnya. (raja)

KOMENTAR