--> 144 Pelajar Ikuti Seleksi Kabupaten Calon Anggota Paskibra Labusel | suluh sumatera

144 Pelajar Ikuti Seleksi Kabupaten Calon Anggota Paskibra Labusel

Bagikan:

144 Pelajar Ikuti Seleksi Kabupaten Calon Anggota Paskibra Labusel


KOTAPINANG


suluhsumatera : Sebanyak 144 pelajar SMA, SMK, dan MA dari lima kecamatan se Kab. Labusel mengikuti seleksi tingkat kabupaten calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Lapangan SB3, Kotapinang, Selasa (16/3/2021).


Pengamatan wartawan, seleksi yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan itu diawali dengan pemeriksaan kesehatan. 


Selanjutnya peserta mengikuti serangkaian tes, mulai dari fisik hingga Latihan Kerja Baris Berbaris (LKBB).


Kepala Dinas Pemuda dan Olahrga Labusel, Naga Parlaungan Lubis didampingi Kepala Bidang Kepemudaan, Mara Ondak Harahap kepada wartawan mengatakan, proses seleksi dilaksanakan secara berjenjang, sejak Januari lalu, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, dan kabupaten. 


Menurutnya, seleksi kabupaten yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Koramil 11/Kotapinang, dan Purna Paskibra Kab. Labusel itu dilaksanakan, Selasa hingga Kamis 16-18 Maret, di Lapangan SB3, Kotapinang.


Dijelaskan, ratusan pelajar yang berasal dari 53 SMA, SMK, dan MA se Kab. Labusel telah mengikuti seleksi tingkat kecamatan dan menyisakan 144 orang untuk bersaing di tingkat kabupaten. 


Menurutnya, dari seleksi ini nantinya akan diambil 70 orang yang akan menjadi Paskibra pada Upacara HUT Proklamasi, 17 Agustus mendatang.


"Seleksi kecamatan berlangsung, sejak 2 Maret lalu dan hari ini mulai dilaksanakan seleksi tingkat kabupaten. Total ada 144 peserta yang lolos pada tahap ini," ungkapnya.


Mara Ondak menambahkan, dari 70 peserta yang akan direkrut menjadi anggota Paskibra itu, 20 diantaranya akan diseleksi kembali untuk menjadi duta Kab. Labusel pada seleksi Paskibra tingkat provinsi dan nasional. 


Menurutnya, ada empat peserta terbaik yang akan diambil untuk diutus mengikuti seleksi tingkat provinsi dan nasional.


"Mudah-mudahan tidak ada kendala lagi dalam seleksi ini, seperti tahun lalu. Proses pelaksanaan seleksi kami laksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya. 


Seperti diketahui, pada 2020 lalu, proses seleksi calon anggota Paskibra tersendat ditengah jalan, akibat pandemi Covid-19. (*/sya)

KOMENTAR