--> Asyiknya Berkunjung di Eko Wisata Teluk Indah Lestari Danau Siais Tapsel | suluh sumatera

Asyiknya Berkunjung di Eko Wisata Teluk Indah Lestari Danau Siais Tapsel

Bagikan:

Asyiknya Berkunjung di Eko Wisata Teluk Indah Lestari Danau Siais Tapsel


TAPANULI SELATAN


suluhsumatera : Asyik dan seru, itulah kesan pertama yang dirasakan Erni Rawati Sibuea, SS, MSi dari Kota Padangsidimpuan dan saudaranya, Kamila Pohan, 32 dari Hasahatan, Kab. Padang Lawas (Palas), saat berkunjung bersama keluarga kemlokasi wisata Teluk Indah Lestari Danau Siais di Kec. Angkola Sangkunur, Kab. Tapanuli Selatan (Tapsel).


Selain menawarkan panorma indah, lokasi wisata alam tersebut menyediakan bermacam wahana untuk menikmati hari libur.


Untuk menuju lokasi wisata tersebut, mereka harus menempuh perjalanan sekira tiga jam atau 70 Km dari Kota Padangsidimpuan, yang masuknya dari persimpangan PTPN3 Kebun Hapesong, Batang Toru, Kab. Tapsel.


"Ada jalan yang lebih cepat, hanya menempuh sekira dua jam atau 40 Km, yakni dari Desa Simarpinggan, Kec. Angkola Selatan, namun jalannya rusak parah," kata Erni.


Lokasi wisata yang berada di pinggir Danau Siais tersebut, menurutnya sudah memiliki fasilitas cukup memadai.


Selai  fasilitas umum, di lokasi tersebut juga tersedia berbagai wahana bermain untuk keluarga, khususnya anak-anak.


"Seperti naik sampan bebek, kolam pemandian untuk anak-anak, rumah pohon, dan permainan lainya. Di tempat ini sudah tersedia, pokoknya asyik deh, bilang anak-anak," ujarnya.


Sementara itu, pengelola objeck wisata, Haris Iskandar Siregar, 50 mengatakan, masih banyak wahana bermain lainnya yang tersedia di lokasi tersebut.


Namun kata dia, selama pandemi Covid-19 ini, setiap diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan.


"Di sini ada outbond, sepeda langit, yang ingin berkemah kita sediakan sewa tenda, begitu juga yang ingin mancing, juga kita sediakan sewa boat apabila ingin mancingnya ke tengah danau," sebutnya.


Selain itu katanya, setiap Sabtu dan Minggu, mereka menggelar hiburan organ tunggal, bagi pengunjung yang ingin bernyanyi bebas membawakan tembang kesayangannya.


"Untuk tiket masuk hanya Rp5 ribu per orang dewasa. Sedangkan anak-anak gratis," ucapnya.


Namun begitu pun, kata dia, hingga saat ini pengunjung masih terbilang sedikit yang datang. 


Menurutnya, selain minim promosi, kondisi jalan yang rusak, baik itu dari simpang PTPN3, Batang Toru hingga Desa Simataniari, maupun dari Angkola Selatan, membuat pengunjung enggan berkunjung.


"Semoga nantinya Bupati Tapsel yang baru memparbaiki jalan rusak tersebut, terutama jalan dari Angkola Selatan, karena itu akses yang lebih cepat dari Sidimpuan menuju ke sini, hanya menempuh 2 jam perjalanan atau sekira 40 Km," harapnya.


Diperkirakan, jika akses jalan dari Angkola Selatan ke Danau Siais dibangun bagus, akan banyak pengunjung berdatangan, sehingga ekonomi masyarakat setempat pun akan meningkat. (baginda)

KOMENTAR