--> FKIP UNIVA Labuhanbatu Gelar Seminar Sehari dan Sosialisasi Program Magister Sastra Inggris UISU | suluh sumatera

FKIP UNIVA Labuhanbatu Gelar Seminar Sehari dan Sosialisasi Program Magister Sastra Inggris UISU

Bagikan:

FKIP UNIVA Labuhanbatu Gelar Seminar Sehari dan Sosialisasi Program Magister Sastra Inggris UISU


LABUHANBATU


suluhsumatera : Fakultas Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Al-Wasliyah (UNIVA) Labuhanbatu menggelar seminar sehari dan sosialisasi program Magister Sastra Inggris Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Rabu (31/3/2021).


Seminar dan sosialiasi yang dilaksanakan di Gedung UNIVA Labuhanbatu itu dihadir oleh sejumlah guru dari wilayah Kab. Labuhanbatu.


Seminar kali ini menghadirkan dua narasumber langsung dari UISU yaitu, Dr. Muhammad Ali Pawiro, SS, MA dan Nurhana Harahap, SPd, MHum.


Pentingnya peningkatan mutu dan SDM tenaga pendidik terkhusus di Kab. Labuhanbatu dalam upaya menghasilkan generasi yang terdidik dan berkualitas adalah salah satu alasan digelarnya seminar serta sosialiasi tersebut.


"Seminar ini dilaksanakan untuk mengikatkan kualitas guru-guru Bahasa Inggris di wilayah Kab. Labuhanbatu, khususnya dalam kemampuan menulis," ujar Dekan FKIP Univa, Muhammad Rusli, SS, SH, MS saat ditemui wartawan.


Rusli menjelaskan, dari empat kemampuan dasar dalam Bahasa Inggris, yaitu salah satu yang paling utama adalah kemampuan menulis dan bagaimana dapat mengekspresikan yang ada di dalam fikiran dalam bentuk tulisan.


Hal inilah yang menjadi salah satu masalah bagi peserta didik dan itu diukur dari peserta didik yang masuk ke UNIVA Labuhanbatu.


"Ini menjadi masalah terhadap para pelajar kita, dan kita bisa mengukurnya dari input yang masuk kemari (UNIVA) yaitu mahasiswa dengan kemampuan dasar yang sangat rendah," jelas Rusli.


Atas dasar itu muncul inisiatif dari pihak UNIVA untuk membantu dan menggelar seminar sehari tersebut sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru-guru Bahasa Inggris dan mengimplementasikannya kepada peserta didik.


Rusli juga menjelaskan, seminar ini juga dikorelasikan dengan program Magister yang ada di UISU sembari mensosialisasikannya kepada peserta seminar.


Sementara itu, Tengku Ridwan salah seorang Kepala Bidang di Dinas Pendidikan mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Labuhanbatu, Asrol Azis Lubis, SE mengungkap rasa bangganya kepada UNIVA yang terus aktif dan terus bergerak maju.


"Kami sangat bangga dan bersyukur memiliki satu perguruan tinggi di Labuhanbatu yang terus aktif dan terus bergerak maju," ucap Tengku Ridwan.


Tengku Ridwan juga mengungkapkan, sejauh ini telah banyak alumni dari UNIVA yang berkarir dan berpartisipasi di pemerintahan baik di provinsi maupun daerah khususnya Kab. Labuhanbatu.


Acara seminar ini langsung dibuka oleh Rektor UNIVA Labuhanbatu, Basyarul Ulya, SH, MM sekaligus memberikan motivasi kepada peserta seminar dan berharap agar peserta banyak dapat mengambil hal-hal positif dari seminar yang berlangsung.


Basyarul Ulya menjelaskan, pihaknya sudah sering melakukan MoU kepada UISU, lantas kali ini juga dilanjutkan dengan MoA untuk pendidikan Bahasa Inggris.


"Dengan UISU kita sudah banyak MoU dan selanjutnya MoA untuk pendidikan Bahasa Inggris dan mudah-mudahan seminar ini banyak hal positifnya bagi kita," sebut Ulya.


Dalam seminar sehari dan sosialisasi program Magister Sastra Inggris UISU itu tampak juga dihadiri Dekan Fakultas Sastra UISU Medan, DR. H. Purwanto Siwi, SS, M dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Rantauprapat, Jumaidi, SPd, MM.


Seminar kali inipun terlaksana dengan jumlah peserta terbatas disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19. (zain)

KOMENTAR