--> Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla, Ini Harapan Dandim 0212/Tapsel | suluh sumatera

Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla, Ini Harapan Dandim 0212/Tapsel

Bagikan:

Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla, Ini Harapan Dandim 0212/Tapsel


PADANGSIDIMPUAN


suluhsumatera : Komandan Kodim 0212/Tapsel, Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP menggelar Rapat dan Koordinasi (Rakor) antisipasi dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kab. Tapanuli Selatan (Tapsel) di Aula Polres Tapsel, Jumat (19/03/2021).


Rakor dilaksanakan mengingat sebentar lagi memasuki musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung pada awal April, sehingga perlu upaya bersama pencegahannya.


Dalam kesempatan tersebut, Dandim Letkol. Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan langkah lanjutan untuk meminimalisir kebakaran hutan dan lahan, sehingga dengan Rakor itu didapatkan solusi mencegah Karhutla di tahun 2021.


"Kirannya agar kita bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran pada musim kemarau nanti. Saya berharap agar tahun ini tidak terjadi musim kemarau berkepanjangan, sehingga mudah untuk kita mengatasinya," ungkap Dandim.


Pamen almamater Darmawangsa itu juga menyampaikan, permasalahan Karhutla dapat muncul dengan faktor cuaca panas menjadi pemicu, ditambah lagi pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah penyebab utama permasalahan tersebut.


"Kita harus tanggap terhadap titik api sekecil apapun, karena apabila api sudah membesar, maka akan sangat sulit untuk dipadamkan, begitu juga dampak kerugian ekonomi akibat Karhutla," ucap Dandim.


"Harapannya semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana evaluasi dan koordinasi, khususnya terkait dengan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta melakukan tindakan pencegahan, sebelum hal tersebut terjadi. Sehingg apa yang kita harapkan dapat berguna bagi pembangunan nasional dan perlindungan terhadap hutan dimasa yang akan datang," pungkasnya. (baginda)

KOMENTAR