--> Jaring Aspirasi Petani Sawit, Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Sugianto Menerima Keluhan Sulitnya Mengurus PSR | suluh sumatera

Jaring Aspirasi Petani Sawit, Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Sugianto Menerima Keluhan Sulitnya Mengurus PSR

Bagikan:

Jaring Aspirasi Petani Sawit, Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Sugianto Menerima Keluhan Sulitnya Mengurus PSR


SIAK

suluhsumatera : Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Sugianto terus melakukan sosialisasi Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). 


Sekretaris Komisi II DPRD Riau tersebut kali ini melakukan sosialisasi PSR di Kampung Banjar Seminai dan Kampung Sawit Permai, Kec. Dayun, Kab. Siak. Sosialisasi itu juga dihadiri Dirut PT. BOS, Antoni. 


Di Kampung Banjar Seminai, kegiatan terdebut dihadiri Penghulu Siti Aminah. Sedangkan di Kampung Sawit Permai dihadiri, Sadikun. 


Dalam sosialisasi tersebut, Sugianto mengatakan, program PSR ini sangat membantu petani sawit. Karena program ini memang memberikan kemudahan, bukan menyulitkan petani sawit dengan beban hutang lagi. 


Apalagi, sebut Sugianto, menyulitkan petani sawit yang ingin ikut dalam program PSR tersebut.


Dalam hal ini, tegas Anggota DPRD Riau dari Fraksi PKB itu, dirinya meminta kepada kepala dinas terkait dengan PSR ini berikan kemudahan bagi petani. Jangan justru memberatkan petani lagi. 


Disebutkan, dari hasil reses ke petani sawit, ada juga keluhan yang diterima, bahwa oknum instansi berkaitan dengan PSR di daerah dalam kepengurusan mendapatkan dana BPDKS RI Rp30 juta per hektare tersebut, ada yang menghambat.


Kemudian, ada juga perusahaan yang justru membebani petani sawit yang melaksanakan replanting dengan dana PSR, justru menambah beban petani dengan hutang atau pinjaman lagi. 


"Saya sudah berbicara dengan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau untuk menyurati seluruh kepala dinas yang terkait dengan PSR, mulai dari atas dan bawahan jangan persulit petani lagi. Termasuk perusahaan, berikan kemudahan PSR, tanpa membebani petani dengan hutang," jelasnya kepada media ini, Minggu (4/4/2021). 


Disisi lain, Penghulu Kampung Banjar Seminai, Siti Aminah menyambut baik saran dari Anggota DPRD Riau itu.


Bahkan, menurut Siti, program PSR dengan dana Rp30 juta, tanpa hutang lagi sangat dinantikan petani saat ini. 


"Kami perangkat kampung segera bergerak mensosialisasikan PSR tanpa harus ngutang lagi kepada petani di sini," ujarnya. 


Sementara itu, Kepala Kampung Sawit Permai, Sadikun menambahkan, petani sawit di wilayahnya tertarik dengan program PSR.


"Saya siap mendukung petani di wilayah Kampung Sawit Permai yang ingin mengikuti program PSR," pungkasnya. 


Dalam kegiatan tersebut, Sugianto terlihat begitu dekat dengan setiap masyarakat yang hadir. Bahkan, Politisi PKB ini memastikan terus menggerakkan program pertanian di Riau. (wan)

KOMENTAR