--> Pemukiman Warga Bakaran Batu Torgamba Diterjang Banjir | suluh sumatera

Pemukiman Warga Bakaran Batu Torgamba Diterjang Banjir

Bagikan:

Pemukiman Warga Bakaran Batu Torgamba Diterjang Banjir


TORGAMBA

suluhsumatera : Pemukiman warga di Perkampungan Bakaran Batu, Dusun Simpang Empat, Desa Aek Batu, Kec. Torgamba, Kab. Labusel, Minggu (31/05/2020) pagi, kembali diterjang banjir, akibat meluapnya Sungai Bakaran Batu.

Informasi yang dihimpun wartawan di lokasi kejadian, banjir terjadi sekira pukul 07.00 WIB. Sebelum banjir terjadi, sebagian wilayah Kec. Torgamba diterpa hujan deras, sehingga menyebabkan Sungai Bakaran Batu meluap.

"Beberapa jam pasca hujan, Sungai Bakaran Batu pun meluap dan menggenangi pemukiman kami," ungkap Ikbal, 25 warga setempat.

Dikatakan, banjir menyebabkan kediamannya dan rumah-rumah warga lainnya tergenang hingga kedalaman satu meter. Menurutnya, korban banjir menderita kerugian cukup besar, karena peristiwa itu terjadi tiba-tiba, sehingga harta benda tidak sempat diselamatkan.

"Ini air sudah mulai surut. Tinggal memberesi barang-baranglah," katanya.

Kepala Dusun Simpang Empat, Suryadi mengatakan, secara keseluruhan ada 40 rumah warga yang terendam banjir. Menurutnya, sebagian warga masih mengungsi ke tempat yang lebih aman, karena air masih menggenangi pemukiman.

Dijelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kata dia, sejumlah harta benda milik warga, termasuk satu unit sepeda motor Kawasaki KLX hanyut terseret banjir.

"Tadi Muspika Torgamba sudah datang untuk meninjau lokasi. Warga saat ini masih mengungsi menunggu air surut. Ini merupakan banjir kiriman dari hulu. Setiap tahun perkampungan ini diterjang banji akibat meluapnya Sungai Bakaran Batu," pungkasnya. 

Pengamatan wartawan, sebagian warga yang genangan airnya sudah surut terpaksa bekerja keras mengkuras air bercampul lumpur dari dalam rumah. Sementara itu, ruas Jalan Lintas Torgamba-Mahato yang sempat terputus akibat tergenang air setinggi hampir satu meter, kini sudah normal kembali. (sya/*)

KOMENTAR