--> Ini Kiat Pemkab Tapsel Hadapi Pandemi Covid-19 | suluh sumatera

Ini Kiat Pemkab Tapsel Hadapi Pandemi Covid-19

Bagikan:

Ini Kiat Pemkab Tapsel Hadapi Pandemi Covid-19


TAPANULI SELATAN


suluhsumatera : Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Syahrul M. Pasribu, SH membagi pengalamannya dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kab. Tapsel. 


Kegiatan yang berlangsung dengan Webinar melalui aplikasi Zoom dilaksanakan di Gedung Aula Sarasi II Kantor Bupati Tapsel, kemarin (23/06/2020).


Sebagai salah satu narasumber dalam acara seminar bertajuk "Pemimpin di badai pandemi, Sumatera Utara Bangkit", Bupati Tapsel menjelaskan tentang pola yang ditempuh Pemkab Tapanuli Selatan dalam menghadapi wabah Covid-19.  


Dimana, setelah pemerintah pusat menetapkan bahwa virus Corona adalah bencana non alam yang harus segera ditangani, dengan sigap Pemkab Tapsel, pada 16 Maret sudah melakukan pertemuan di tingkat OPD dan kecamatan yang hasilnya menetapkan status tanggap darurat dan membentuk gugus tugas, dilanjutkan dengan tindakan penerapan belajar dari rumah bagi murid sekolah, mulai 21 Maret 2020 hingga saat ini. 


Dikatakan, untuk percepatan penanganan wabah ini, Bupati menginstruksikan untuk membuka posko di seluruh kecamatan yang dipusatkan di setiap Puskesmas dan diaktifkan 24 jam, demikian juga halnya terhadap pos chek point ditiap pintu masuk ke wilayah Tapsel.


"Begitu juga di gugus tugas, relawan Covid-19 yang ada disetiap desa dan kelurahan di seluruh kecamatan juga mendirikan pos di desa/kelurahan  masing-masing. Sampai pertengahan April, gugus tugas di Tapsel semakin kami perkuat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, melibatkan seluruh forkopimda sebagai wakil ketua dalam gugus tugas dan pimpinan OPD memiliki tanggung jawab terhadap kecamatan yang menjadi binaannya," terangnya.


"Inilah kegiatan yang selalu dilakukan Pemkab Tapsel, menghadapi keadaan itu kita tidak boleh larut dan pasrah dalam menghadapi Covid-19, tetapi harus terus berupaya mencegah penyeberannya. Setelah ada istilah new normal life atau tatanan  hidup baru, dengan para Forkopimda secara bersama - sama sudah melakukan beberapa kali pertemuan dengan para pemangku kepentingan yang ada termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat serta tokoh pemuda dalam menyongsong tatanan hidup baru," ungkapnya.


Disampaikan, aksi itu merupakan salah satu cara untuk melibatkan seluruh elemen dalam mengedukasi, mensosialisasikan dan mensimulasikan tatanan hidup baru di tengah masyarakat hidup produktif namun aman terhadap wabah Covid-19.


"Sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan sosial ekonomi, sosial keagamaan dan kegiatan sosial lainnya dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Sehingga kedepannya masyarakat kita terbiasa dengan memakai masker dan selalu cuci tangan serta jaga jarak dalam setiap aktifitas dan menghindari keramaian bila tidak terlalu penting sehingga menjadi budaya baru di tengah masyarakat," paparnya.


Pada sektor kesehatan kata dia, Pemkab telah membenahi Rumah Sakit Sipirok utamanya ruang isolasi walaupun rumah sakit ini bukan rujukan, menyiapkan rumah karantina dan memenuhi kebutuhan puskesmas dalam menangani wabah Covid-19 ini.


Pada sektor ekonomi lanjut dia, Pemkab memberdayakan UMKM kita untuk ikut berperan seperti dalam pembuatan masker memakai bahan batik dan tenun yang merupakan produk unggulan daerah kita sehingga mereka tetap produktif ditengah pandemi ini.


"Begitu juga halnya di sektor pangan tetap kita kawal karena hampir 80 persen masyarakat kita adalah petani. Sebagai informasi, Tapsel juga merupakan salah satu penyanggah/penyedia pangan di Sumatera Utara, pada tahun 2019 Tapsel menghasilkan produk untuk beras 137 ribu ton, sementara kebutuhan beras kita hanya 38 ribu ton sehingga Tapsel surplus beras sebesar 65 persen," jelasnya.


Sementara itu, Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak, SH, MH, Cfra, yang juga menjadi nara sumber pada kegiatan itu menyampaikan, dalam menghadapi situasi saat ini, ada dua hal yang perlu di perhatikan, dari sisi hukum mendorong lahirnya perubahan - perubahan dan penyesuaian akibat pandemi. Dimana, hukum bisa berubah dengan adanya pandemi saat ini.


"Hal kedua karena dalam situasi ini mengharuskan kita berubah pola-pola komunikasi, yang selama ini pola komunikasi formal lewat kontak langsung, bergeser menjadi pemanfaatan teknologi ini akibat dari wabah Covid-19," ucapnya.


Dijelaskan, dalam menghadapi wabah ini dibutuhkan tindakan atau kebijakan cepat dan berani mengambil keputusan. Dimana, dalam situasi ini perlu tindakan yang cepat, karena rakyat perlu ditolong, dibantu, serta sejalan dengan itu, ekonomi harus tumbuh tanpa mengesampingkan betapa sangat pentingnya kesehatan. 


"Kepala daerah tidak ada pengalaman dalam menangani hal ini. Oleh sebab itu perlu tindakan cepat, tetapi dalam sisi menolong masyarakat, menggerakkan roda pembangunan tetapi aman, tanpa ada niat dalam kesempitan mengambil  kesempatan," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Barita Simanjuntak yang pernah berkunjung langsung daerah Tapsel, juga menyampaikan apresiasi atas penerimaan WTP 6 kali secara berturut - turut. Tentunya, hasil itu didapat Tapsel karena Birokrasi bekerja sungguh-sungguh dan mendapat dukungan dari Rakyat dan  program pembangunan bukan yang dipaksakan tetapi melalui Musrenbang Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten  dengan menterjemahan dan mempadukan suasa  pergerakan sosial dan kultural dan fungsi Pamong dari Pemkab Tapsel.


"Ini merupakan modal yang tepat dalam hal tindakan cepat untuk rakyat tetapi bisa di pertanggung jawabkan. Ini sebagai contoh saja bagaimana seluruh Bupati dalam Webinar ini memiliki potensi masing-masing. Peran yang mengambil keputusan, apabila khawatir pada saat mengambil keputusan, akan berakibat lambatnya penanganan pada kebutuhan masyarakat (kepentingan rakyat, diatas kepentingan apapun) dengan itikad baik pemerintah harus berpengang pada tranparansi, akuntabilitas," ungkapnya.


Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs. H Musa Rajekshah, M. Hum menyampaikan, pandemi Covid-19 merupakan hal baru di seluruh dunia dan menjadi sebuah pelajaran bagi semua.


"Sebelum wabah ini menyebar, dunia akan di pengaruhi dengan berbagai gejolak politik, ekonomi dan masih banyak lain. Tetapi dengan pandemi Covid-19 yang tidak terlihat dengan mata, bisa mengakibatkan pergolakan dunia," sebutnya.


Diharapkan, dalam penanganan covid-19 tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah, atapun forkopimda yang bekerja sendiri tetapi agar semua lapisan masyarakat harus ikut serta dalam menangani wabah ini.


Adapun nara sumber pada kegiatan seminar via webinar itu adalah, Ketua Komisi Kejaksaan RI Barita Simanjuntak SH.MH.Crfa, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, MSi, Bupati Tapanuli  Selatan H. Syahrul M. Pasaribu, SH, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, Msi, Bupati Tapanuli Tengah Bachtiar Ahmad Sibarani, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, Bupati Dairi Drs. Eddy Kaleng Ate Barutu, Direktur Pasca Sarjana USU, Prof. Dr. Robert Sibarani, MS. (baginda)

KOMENTAR

Name

17 Agustus,1,4 Pilar Kebangsaan,1,737 Max,1,Aceh,8,Aceh Barat,4,Aceh Tengah,1,Aceh Utara,1,Ade Firman,1,Adiba,1,Adiba Khanza,1,Adik Bakar Kakak,1,Adik Bunuh Abang,1,Administrasi Kependudukan,1,Advetorial,1,Afghanistan,1,Agraria,1,Agus Harimurti Yudhoyono,1,Ahmad Dani,1,Ahmad Dhani,1,Ahmad Djuhara,1,Ahmad Doli Kurnia,1,Ahok,1,Aice,4,Aice Group,1,Aishwarya Rai Bachchan,1,Ajakan Mudik,1,Akabri,1,Akad Nikah,1,AKBP. Faisal F Napitupulu,2,AKBP. Jarot Yusviq Andito,8,Akitifis Papua,1,Aksi 212,1,Aksi Anarkis,1,Aksi Demo,1,Aksi Jalan Kaki,5,Aksi Kejahatan,1,Aktor,1,Aktris,1,Al Jam’iyatul Washliyah,1,Al-Wasliyah,2,Alkamil Padangsidimpuan,1,All England,1,All New NMAX,1,Alumni UINSU,2,Amanda Manopo,1,Ambon,1,Ambulan Desa,1,Amerika,1,Amerika Serikat,13,AMPG,1,AMPG Rohil,1,AMPI,7,Anak,2,Anak Buah Kapal,1,Anak Bunuh Ibu Kandung,1,Anak Hilang,1,Anak Jalanan,1,Anak Presiden,1,Anambas,1,Ance Selian,15,Andi Suhaimi Dalimunthe,4,Andre Rosiade,1,Android,1,Anggaran,5,Anggaran Pilkada,1,Anggota DPR RI,5,Anggota DPR RI Sihar Sitorus,2,Anggota DPRD,4,Anggota DPRD Sumut,1,Anggota TNI,1,Angin Kencang,2,Angkutan,1,Angola,1,Anies Baswedan,5,animasi,1,Anita Kolopaking,1,Anjangsana,1,Anjing Bernyanyi,1,Antasari Azhar,1,Anthony Ginting,1,Anti Korupsi,3,Anti Virus Corona,1,Antoine Griezmann,1,Anugerah KPAI,1,Anwar Ibrahim,1,Aparat Polisi,1,Aparatur Sipil Negara,1,APBD,1,Apdesi,2,Aplikasi,3,Aqua,2,Arab Saudi,13,Aria Obesitas,1,Arief Basuki,1,Arief Budiman,1,Arteria Dahlan,1,Artis,20,Artis Terjerat Narkoba,1,Arung Jeram,1,Arus Balik,1,Arus Mudik Idul Fitri 1441 H,2,Asabri,1,Asahan,298,Asahan Expo,1,Aset Pemerintah,1,Ashraf Sinclair,1,Ashraf Sinclair Meninggal Dunia,1,Asian Agri,1,ASITA Sumut,1,ASN,15,Asteroid Raksasa,1,Asusila,3,Atlet,1,Aulia Agsa,1,Australia,3,Austria,1,awan,1,Ayah Perkosa Anak,1,Ayah Tiri,1,Ayam Goreng,1,Ayatollah Ali Khamenei,1,Ayu Vaganza,1,BaBe,1,Babinsa,1,Badung,2,Bagikan Masker,3,Bahan Bakar Diesel,1,Bahar Smith,1,Bajing Loncat,1,Bakal Calon Bupati,1,Bakal Calon Wali Kota Binjai,2,Baksos,12,Bakti Sosial,175,Balai Latihan Kerja Padangsidimpuan,1,Balap Liar,3,Balas Dendam,1,Bali,8,Balikpapan,1,Balita,1,Ball Press Pakaian Bekas,1,Balon Wali Kota Binjai,2,Banda Aceh,1,Bandar Lampung,1,Bandit,1,Bangka Belitung,1,Bangkai Kapal,1,Bangladesh,1,Banjarbaru,1,Banjarnegara,1,Banjir,15,Banjir Asahan,2,Banjir Bandang,3,Banjir Jakarta,6,Banjir Jawa Barat,1,Banjir Kota Bogor,1,Banjir Labura,1,Banjir Labusel,3,Banjir Padangsidimpuan,2,Banjir Pasang Laut,1,Banjir Probolinggo,1,Banjir Rob,1,Banjir Sungai Barumun,1,Banjir Tapsel,1,Banjir Tapteng,4,Bank Indonesia,2,Bank Infaq,1,Bank Sumut,3,Bank Sumut Cabang Kotapinang,1,Bank Swasta,1,Bansos,40,Bansos Beras,1,Bansos DD,1,Bantara Kualanamu,1,Banten,1,Banteng Muda Indonesia (BMI),2,Bantu LPJU Kepada Kel. Timbanggalung,1,Bantua Sosial Tunai,1,Bantuan,1,Bantuan Kemanusian,2,Bantuan Korban Kebakaran,1,Bantuan Langsung Tunai,4,Bantuan Presiden,1,Bantuan Sembako,1,Bantuan Sosial,4,Bantuan Sosial Tunai,1,Bantul,2,Banyuasin,2,Banyuwangi,3,Barcelona,3,Bareskrim Polri,1,Basira,1,Batam,5,Batubara,1,Baubau,1,Bawaslu,6,Bawaslu Asahan,1,Bawaslu Labuhanbatu,7,Bawaslu Labusel,2,Bawaslu Madina,1,Bawaslu Palas,1,Bawaslu RI,2,Bayi,1,Bayi Baru Lahir,1,Bayi Meninggal,1,Baznas,2,Baznas Asahan,1,BBM,1,Beasiswa Kuliah,3,Bebas Sampah,2,Bedah Otak,1,Begal,2,Begal Payudara,2,Bekasi,6,Belajar Mandiri di Rumah,2,Belanda,1,Belanja,5,Belanja Oline,5,Belawan,1,Belusukan,1,Belva Devara,1,Bencana Alam,6,Bengkalis,19,Bengkulu,6,Bengkulu Utara,2,Beras,2,Berau,2,Berbagi Takjil,3,Bercerai,1,Berita Asahan,4,Berita Bengkulu,1,Berita Jakarta,4,Berita Labuhanbatu,4,Berita Labura,1,Berita Labusel,1,Berita Langkat,1,Berita Padangsidimpuan,1,Berita Palopo,1,Berita Paluta,3,Berita Papua,1,Berita Pematangsiantar,1,Berita PTPN3,1,Berita Riau,4,Berita Rohil,2,Berita Simalungun,1,Berita Sumut,4,Berita Talaud,1,Berita Tapsel,5,Berlian Baru,1,Beruang Madu,1,Bhayangkari,3,Billy Syahputra,1,Bima Arya Sugiarto,