--> Karantina Dua Bulan Pasien OTG Dinyatakan Bebas Covid-9 Usai Jalani 14 Kali Tes Swab | suluh sumatera

Karantina Dua Bulan Pasien OTG Dinyatakan Bebas Covid-9 Usai Jalani 14 Kali Tes Swab

Bagikan:

Pasien menjalani karantina di Islamic Center sejak dinyatakan positif corona April lalu, bersama 20 orang lainnya yang juga tanpa gejala klinis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr. Sartono dan jajarannya bersama R (40) yang baru saja dinyatakan sembuh dari Covid-19
suluhsumatera - Pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala ( OTG) Covid-19 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhirnya dinyatakan negatif usai menjalani 14 kali tes swab.

Pasien tersebut telah menjalani karantina di Gedung Islamic Center lebih dari dua bulan.

"Alhamdulillah (negatif). Penantian panjang yang berujung indah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono, Rabu (24/6/2020).

Seperti yang dilaporkan Kompas.com, Sartono menambahkan, pasien menjalani tes swab ke-13 pada Senin (22/6/2020), dan Rabu (24/6/2020) di RSUD Brebes.

Selama dua kali berturut-turut hasilnya negatif.

Rencananya, pasien akan pulang dari tempat karantina pada Kamis (25/6/2020).

"R diambil swab-nya di RSUD Brebes. Dua pekan ini RSUD Brebes sudah bisa memeriksa (test swab) sendiri jadi tidak perlu dikirim ke Semarang," ungkap Sartono.

Dikatakannya, pasien menjalani karantina di Islamic Center sejak dinyatakan positif corona April lalu, bersama 20 orang lainnya yang juga tanpa gejala klinis.

Awalnya, puluhan orang tersebut yang baru pulang dari Ijtima Gowa, Sulawesi Selatan, pada akhir Maret lalu menjalani rapid test dengan hasil reaktif yang diteruskan tes swab dengan hasil positif.

"Alummi Gowa total ada 21 orang yang dikarantina di Islamic Center. Namun, 20 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang terlebih dahulu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, warga Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berinisial R (40) harus benar-benar tabah menunggu hasil tes swab negatif untuk bisa kembali ke rumah.

R, yang merupakan alumni peserta Ijtima Gowa, Sulawesi Selatan, sudah 12 kali menjalani tes swab dengan hasil positif Covid-19.

Padahal, R yang bertatus orang tanpa gejala (OTG) sudah menjalani karantina selama 2 bulan di Islamic Center Brebes.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sartono mengemukakan, rencananya R akan kembali melakukan tes swab lanjutan hari ini.

"Doakan ya hari ini dia (R) mau test swab kesekian kalinya, sudah tidak bisa dihitung dengan jari tangan. Semoga (hasil) swab negatif. Kasihan sudah 2 bulan (karantina) di Islamic Center," kata Sartono kepada wartawan, Senin (22/6/2020).

KOMENTAR